Tribun Tulangbawang Barat

Sugar Group Janji Bantu Pasarkan Kopi Tubaba

PT Sugar Group Companies (SGC) akan membantu memasarkan kopi khas Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) hingga ke manca negara.

Sugar Group Janji Bantu Pasarkan Kopi Tubaba
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
KOPI TUBABA - Bupati Umar Ahmad bersama petinggi SGC dan tamu undangan mencoba varian rasa kopi Tubaba d isela-sela pembukaan Festival Tubaba 2019, pekan kemarin 

Sugar Group Janji Bantu Pasarkan Kopi Tubaba

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - PT Sugar Group Companies (SGC) akan membantu memasarkan kopi khas Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) hingga ke manca negara.

Hal ini diungkapkan petinggi PT SGC Purwati Lee saat menjajal racikan kopi Tubaba pada launching Kopi Tubaba di Kompleks Rumah Baduy, Uluan Nungik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, pekan kemarin.

Pada launching tersebut, Bu Lee, sapaan akrabnya, menjadi tester kopi khas Tubaba yang dibagi menjadi tiga varian racikan.

Di antaranya N1 yang terbuat dari kopi jenis liberika dari khas Tubaba yang berasal dari pekarangan-pekarangan warga.

N2 yang terbuat dari Housebland dari tiga jenis kopi yakni khas Tubaba Niberika dicampur kopi Semendo, dan dicampur kopi Lampung asal Lampung Barat.

Debu Pembakaran Tebu PT SGC Masuk Rumah Warga, Massa Geruduk Kantor Bupati Tuba

Selanjutnya, N3 terbuat dari kopi Exselsa juga dari Tubaba yang berasal dari pekarangan warga.

Kopi tersebut selain dicoba Purwanti juga dicoba wisatawan asing pecinta kopi Joshua, yang ikut bersama rombongan PT SGC, ketua sementara DPRD Tubaba Ponco Nugroho, ketua TP PKK Kornelia Umar, ibu Sholeha Herwan (istri Sekdakab Tubaba), beberapa anggota DPRD Tubaba dan lainnya.

"Harum dan rasa kopinya sangat kuat, ketika sudah siap dipasarkan. SGC buka peluang pasarkan Kopi Tubaba. Namun, untuk menjaga kualitas, sangat penting ada konsistensi (tidak ada campuran), dan cara memanennya jangan dipetik kalau masih hijau," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved