Tribun Lampung Selatan

Kebakaran Lahan di Seputih Jaya, 1 Hektare Hangus Diduga Akibat Puntung Rokok

Kebakaran lahan terjadi di Kelurahan Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Selasa (10/9/2019).

Kebakaran Lahan di Seputih Jaya, 1 Hektare Hangus Diduga Akibat Puntung Rokok
Tribunlampung.co.id/Syamsir
Kebakaran lahan di Seputih Jaya. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,GUNUNGSUGIH - Kebakaran lahan terjadi di Kelurahan Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Selasa (10/9/2019). Lebih kurang satu hektare lahan terlalap si jago merah.

Kepala Satuan Operasi (Kabag Ops) Polres Lampung Tengah, Ajun Komisaris Juli Sundara mengatakan, dirinya bersama jajaran Polsek Gunung Sugih begitu mendapat laporan langsung terjun ke lokasi yang bersebelahan dengan ruas Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) tersebut.

Dugaan sementara lanjut Juli, kebakaran diakibatkan kelalaian karena membuang puntung rokok. Namun begitu, pihaknya masih meminta keterangan saksi-saksi.

"Api diduga dari puntung rokok. Kejadian pertama kali diketahui sekitar pukul 12.00 WIB. Kondisi lahan sudah terbakar, ada sekitar satu hektare lahan yang terbakar," kata AKP Juli Sundara.

Kabag Ops memastikan, tidak ada korban jiwa atas kejadian itu. Lahan yang terbakar menurutnya kawasan pepohonan dan rumput ilalang, sehingga sangat mudah terbakar apabila disulut dengan puntung rokok.

"Kami mengimbau warga tidak sembangarang membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi sekarang sedang musim kemarau, sehingga api sekecil apapun dapat cepat menyulut kebakaran," imbuhnya.

Terjadi Kebakaran Lahan di Puncak Gunung Rajabasa, Tercatat 25 Kasus Kebakaran Lahan Selama Kemarau

Anton salah seorang warga mengatakan, lahan yang terbakar tepat di seberang Kantor Samsat Gunung Sugih, sehingga api berkobar dapat terlihat dari arah Kantor Samsat dan ruas Jalinsum Gunung Sugih.

Ia mengatakan, akibat lahan terbakar mengakibatkan debu bekas ilalang bertebaran hingga ke pinggir jalan. Namun begitu, kondisi tersebut dianggap tidak membahayakan bagi masyarakat ataupun pengendara yang melintas.

"Apinya kelihatan ya, saya kebeneran lagi di Kantor Samsat (Gunung Sugih). Tadi juga asepnya sampai ke jalan, sehingga laju kendaraan melambat. Tapi sudah bisa dipadamkan sama polisi dan petugas (BPBD). Mobil pemadam juga sudah ke lokasi," tuturnya.

7 Fakta Kebakaran Lahan di Lampung Barat, Terungkap Alasan Api Cepat Membesar dan Sulit Dipadamkan

Halaman
12
Penulis: syamsiralam
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved