Tegal Mas Lampung

Jaga Ekosistem Bawah Laut, Tegal Mas Resort Tanam 250 Bibit Terumbu Karang

Jaga Ekosistem Bawah Laut, Tegal Mas Resort Tanam 250 Bibit Terumbu Karang.

Jaga Ekosistem Bawah Laut, Tegal Mas Resort Tanam 250 Bibit Terumbu Karang
Tribunlampung.co.id/Deni
Jaga Ekosistem Bawah Laut, Tegal Mas Resort Tanam 250 Bibit Terumbu Karang 

Laporan Reporter Tribunlampung Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Memperbaiki ekosistem terumbu karang dengan menempatkan suatu struktur buatan yang dikenal dengan transplantasi karang buatan merupakan suatu cara yang paling mudah untuk perbaikan ekosistem karang yang rusak dan mengembangkan potensi ekowisata.

Penanaman terumbu karang, merupakan bentuk rehabilitasi ekosistem biota laut dan menjadi rumah bagi ikan-ikan laut.

Untuk menjaga kelestarian terumbu karang dan ekosistem bawah laut, Tegal Mas Resort melakukan penanaman 250 bibit terumbu karang di Pulau Tegal Mas.

Nurjaya selaku Ketua Pelaksana Penanaman Terumbu Karang mengatakan Pulau Tegal Mas telah menyiapkan kebun khusus terumbu karang sejak dua tahun yang lalu. Sehingga, membuatnya dengan mudah mendapatkan ratusan bibit terumbu karang.

"Jauh sebelum ini dua tahun yang lalu kita sudah siapkan kebun terumbu karang, saat ini sudah besar, dan itu lah yang kita ambil," ujar Nurjaya kepada Tribun di Pulau Tegal Mas, Rabu (11/9/2019).

Sebanyak 250 bibit terumbu karang yang di tanam, adalah jenis terumbu karang yang berbeda yakni Karang Jahe dan Branching Acropora.

Berdasarkan pantauan Tribunlampung.co.id sebagai media transpalantasi penananaman terumbu karang ini, Nurjaya dibantu 6 orang tim nya telah menyiapakan rangka besi yang di rancang dengan bentuk Kubus dan Piramid.

Menurutnya, bentuk kubus dan Piramid sebagai sarana penanaman terumbu karang ini sangat cocok dengan suasana alam bawah laut Pulau Tegal mas Resort.

Strategi penanaman dengan bentuk kubus dan piramid dinilai unik yang dianggap memiliki nilai seni tersendiri dan berbeda dengan yang biasa dilakuakan saat penanaman terumbu karang.

Halaman
12
Penulis: kiki adipratama
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved