Tribun Pringsewu

Sujadi Persiapkan Rumah Khusus Bagi Disabilitas

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu mempersiapkan rumah khusus bagi penyandang disabilitas.

Sujadi Persiapkan Rumah Khusus Bagi Disabilitas
Tribunlampung.co.id/Didik
Bupati Pringsewu Sujadi meninjau pelatihan membatik bagi disabilitas di Ramonesart Pringsewu, Kamis (13/9/2019) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu mempersiapkan rumah khusus bagi penyandang disabilitas. Mengingat jumlah disabilitas di Kabupaten Pringsewu kurang lebih 1600 orang.

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, rumah disabilitas tersebut salah satunya di Wonokriyo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu.

"Nantinya untuk tempat berkumpul, untuk mencari, menggali, potensi-potensi yang ada dan juga mengembangkan (potensi)," kata Sujadi saat mengunjungi pelatihan membatik bagi penyandang disabilitas, Kamis (12/9/2019) di Ramones Art Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu.

Dia mencontohkan, pembelajaran membatik bagi 10 disabilitas tersebut merupakan cara pemerintah dalam mengembangkan potensi.

Tentunya, kata dia, ada yang punya keahlian dengan bidang lain. Maka, tambah Sujadi, Dinas Sosial bisa mengkoordinasikan dengan dinas yang lainnya.

Sujadi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu tentu memberi perhatian penuh kepada penyandang disabilitas sesuai dengan program-programnya. Dia menuturkan, penyandang disabilitas merupakan bagian dari potensi yang ada di Kabupaten Pringsewu.

BREAKING NEWS - Geger Sesosok Pria Diduga Akan Bunuh Diri, Saksi Lihat Seutas Tali Terikat di Pohon

"Hakikatnya semua manusia sama, semua ciptaan tuhan yang semuanya diberikan kelebihan, tetapi juga masing-masing punya kelemahan. Yang punya kelemahan pasti punya kelebihan," ujar Sujadi.

BREAKING NEWS - ATM Rumah Kayu Bandar Lampung Dibobol

Diketahui sebanyak 10 orang disabilitas atau keterbatasan diri mengikuti pelatihan membatik. Tujuannya supaya difabel bisa mempunyai kemampuan sehingga dapat berbuah hasil ekonomi.

Pembelajaran membatik tersebut diselenggarakan berkat kerjasama Dinas Sosial Pringsewu dengan Ramones Art, merupakan pusat kegiatan Seni Rupa, Rumah Produksi, Edukasi, Diskusi, Berbagi dan Berkarya.

Kasi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pringsewu Ika Hidayati mengungkapkan, di Kabupaten Pringsewu penyandang disabilitas ada 1600-an orang. Jumlah tersebut berasal dari berbagai macam disabilitas.

Halaman
12
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved