Tribun Lampung Selatan

Pengiriman Ratusan Burung Liar Tanpa Dokumen Digagalkan KSKP Bakauheni

Balai Karantina Pertanian kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni bersama dengan kepolisian sektor kawasan pelabuhan mengamankan ratusan ekor burung.

Pengiriman Ratusan Burung Liar Tanpa Dokumen Digagalkan KSKP Bakauheni
Tribunlampung.co.id/Dedi
Pengiriman Ratusan Burung Liar Tanpa Dokumen Digagalkan KSKP Bakauheni 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Balai Karantina Pertanian kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni bersama dengan kepolisian sektor kawasan pelabuhan (KSKP) mengamankan ratusan ekor burung liar berbagai jenis.

Burung-burung liar tersebut diamankan saat hendak dibawa  menyeberang ke pulau Jawa melalui pelabuhan Bakauheni. Burung-burung liar tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen resmi yang dipersyaratkan.

Burung-burung liar tersebut didamakan dari sebuah mobil pada sabtu (27/9) sekitar pukul 23.00 wib. Burung-burung liar berbagai jenis itu dibawa dari Bukit Tinggi dan hendak dibawa ke Jakarta.

“Jenis-jenisnya, ada cililin, cucak ijo, cucak jenggot, kapas tembak, poksan mantel, ekek keeling, siri-siri dan beberapa jenis lainnya total jumlahnya mencapai 566 ekor,” terang kanit reskrim KSKP Ipda Mustholih mewakili Kapol KSKP.

Menurut dirinya, saat diamankan burung-burung liar tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen resmi yang dipersyaratkan. Burung-burung liar tersebut kemudian diamankan di Mapolsek KSKP.

BREAKING NEWS - Dikenal Licin, Gembong Curanmor Tewas Setelah Terlibat Baku Tembak dengan Aparat

Pengiriman burung-burung liar lintas pulau tanpa dilengkapi dokumen ini melanggap UU nomor : 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan.

Lampung Open II Raih Rekor Museum Olahraga Pecahkan 2.000 Balok Papan

“Untuk penanganan lebih lanjut, burung-burung tersebut kita serahkan ke Balai Karantina Pertanian untuk dilepas liarkan bersama dengan balai konservasi sumberdaya alam (BKSDA) Bengkulu – Lampung,” kata dia.

Sebelumnya, pada kamis (5/9) silam KSKP Bakauheni juga menggagalkan upaya pengiriman burung-burung liar yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi. Ribuan burung liar tersebut diamankan dari kendaraan bus angkutan penumpang lintas pulau.

Burung-burung liar yang diamankan berasal dari Kota Metro dan hendak dibawa ke Cikupa, Bandung.

(tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved