Tribun Metro

Anggaran Pilwakot Metro Capai Rp 20 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menyetujui anggaran pemilihan wali kota (Pilwakot) tahun 2020 sebesar Rp 20 miliar lebih.

Anggaran Pilwakot Metro Capai Rp 20 Miliar
net/ilustrasi
pilkada1

Anggaran Pilwakot Metro Capai Rp 20 Miliar 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menyetujui anggaran pemilihan wali kota (Pilwakot) tahun 2020 sebesar Rp 20 miliar lebih.

Wali Kota Metro Achmad Pairin menjelaskan, dirinya sudah menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dengan KPU. Dengan perincian Rp 14 miliar lebih untuk KPU dan Rp 6,5 miliar untuk Bawaslu.

Wali Kota mengaku, anggaran untuk KPU dan Bawaslu akan dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama pencairan KPU pada anggaran perubahan sebesar Rp 500 juta sedangkan Bawaslu sekitar Rp 380 juta lebih.

Pilwakot Metro 2020, Empat Tokoh Daftar Penjaringan PAN

"Sisanya pencairannya di APBD murni tahun 2020. Harapan kita, anggaran pilkada ini bisa digunakan secara efisien dan seefektif mungkin, tentunya dengan tidak mengurangi kualitas dari pemilu itu sendiri," jelasnya.

Adapun anggaran pemilu 2020 yang disetujui Pemkot Metro mengalami penurunan dari pengajuan KPU dan Bawaslu. KPU sebelumnya mengusulkan anggaran sebanyak Rp 21 miliar lebih.

Sementara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro mengusulkan anggaran Rp 8,5 miliar. Ini berdasarkan hasil penyusunan anggaran intern. Dana tersebut digunakan untuk tahapan-tahapan pemilu.

"Itu mulai dari sosialisasi, pemutakhiran data pemilu, pencalonan, penetapan, kampanye, logistik, penghitungan dan pemungutan suara," beber Mujib, Ketua Bawaslu Metro.

Ia menambahkan, usulan anggaran tersebut dibagi dalam dua sub. Yakni sub bagian belanja pegawai dan belanja barang serta jasa. "Untuk belanja barang dan jasa ini sifatnya melakukan pengawasan seluruh tahapan pemilihan," terangnya beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved