Tribun Tulangbawang Barat

Bupati Tubaba Umar Ahmad Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda Program Sarjana Itera

Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda program sarjana Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Bupati Tubaba Umar Ahmad Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda Program Sarjana Itera
Dokumentasi humas pemkab Tubaba
Bupati Tubaba Umar Ahmad Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda Program Sarjana Itera 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda program sarjana Institut Teknologi Sumatera (Itera), di Kampus Itera, Way Hui, Jatiagung, Lampung Selatan, Sabtu (05/10).

Kehadiran Umar Ahmad pada acara itu atas undangan rektor Itera melalui surat bernomor T/2749/IT9.A/HK.11/2019 tertanggal 30 September 2019.

Di hadapan para wisudawan, rektor, senat, dan sivitas akademika Itera, Umar Ahmad menyampaikan orasi dengan judul: “Menuju Tubaba, Pulang ke Masa Depan.”

Dijelaskan Umar, bahwa Tubaba adalah sebuah masa depan.

Bagi masyarakat Tubaba, saat ini Tubaba sudah bukan lagi sekadar singkatan dari Tulangbawang Barat.

"Ia adalah masa depan, sebuah rumah bagi semua, sebuah lahan subur bagi siapa pun untuk menyemaikan kembali kebajikan sosial dan merekatkan lagi relasi antar manusia," kata Umar.

Di sana setiap individu akan menemukan kembali kehangatan hubungan dengan orang-orang lain, kemesraan hubungan dengan alam, dan juga menemukan kembali diri sejati.

“Di dunia masa depan yang kami namai Tubaba itu, aspek-aspek material dan immaterial pembangun peradaban berada pada titik kesetimbangan. Di sana, alam dan akal budi manusia saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain," papar Umar.

Filosofi yang diusung itu diyakini menjadi titik kesetimbangan di mana pengetahuan dan kehendak manusia benar-benar dicurahkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

Yang pada akhirnya, akan menjadi sebuah kehidupan yang ditandai oleh kehangatan di dalam interaksi sosial dan sikap respek kepada alam dan kehidupan.

Halaman
123
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved