Tolak UMP Lampung, PPRL Gelar Aksi Besok

Aksi ini merupakan bentuk penolakan terhadap penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung yang dinilai tidak sesuai dengan survei KHL.

Tolak UMP Lampung, PPRL Gelar Aksi Besok
Istimewa via BangkaPos.com
Ilustrasi - Ratusan buruh yang tergabung dalam Persatuan Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL) akan menggelar aksi demonstrasi di kantor Gubernur Lampung, Senin (11/11/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Ratusan buruh yang tergabung dalam Persatuan Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL) akan menggelar aksi demonstrasi di kantor Gubernur Lampung, Senin (11/11/2019).

Aksi ini merupakan bentuk penolakan terhadap penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung yang dinilai tidak sesuai dengan survei kehidupan hidup layak (KHL).

Ketua Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU) Tri Susilo mengatakan, aksi ini telah diinisiasi sejak Pemerintah Provinsi Lampung menetapkan UMP Lampung 2020 sebesar Rp 2.432.001.57.

"Iya tentu saja ini bentuk penolakan kita ya. Ini tidak sesuai dengan survei KHL. Saat pemerintah menetapkan (UMP), kami para buruh langsung bersiap untuk melakukan aksi," ungkap Tri kepada Tribunlampung.co.id, Minggu (10/11/2019).

Selain itu, aksi ini juga menuntut penolakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan dan meminta pemerintah menerbitkan Perppu KPK.

Tri menyebut, aksi besok akan dilakukan di dua titik, yakni kantor BPJS Kesehatan Bandar Lampung dan kantor Gubernur Lampung.

Lebih Tinggi dari UMP Lampung, UMK Lampung Selatan Rp 2.567.168

FSBKU Tolak Penetapan UMP Lampung Rp 2,4, Juta, Sebut Tak Sesuai KHL

Tri mengatakan, aksi tersebut akan diikuti beberapa organisasi buruh di Lampung.

Di antaranya, Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBMM), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan FSBKU.

Dia memperkirakan aksi ini diikuti lebih dari 500 orang dari beberapa daerah di Lampung.

"Kita ini ada dari Lampung Timur, Pesawaran, Lampung Selatan, dan beberapa daerah lainnya. Mereka yang tergabung akan turun," jelasnya. (Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved