Pelayanan Publik

Perbedaan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP)

UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional maka diketahui definisi dari JHT dan JP yang sekaligus dapat membedakannya

Perbedaan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP)
Tribunlampung.co.id/Resky Merta
Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung Aziz Muslim menjelaskan perbedaan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Jika Anda terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka sebagian dari gaji akan terpotong untuk membayarkan dua jenis iuran.

Ada dua jenis iuran BPJS Ketenagakerjaan, yakni untuk Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiunan (JP).

Mengacu pada UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional maka diketahui definisi dari JHT dan JP yang sekaligus dapat membedakannya.

"JHT ini kita berikan kepada peserta yang diberhentikan atau di-PHK oleh perusahaan, mengundurkan diri atau meninggal dunia akan kita berikan sekaligus oleh ahli waris," kata Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung Aziz Muslim, Senin (16/12/2019).

"Sedangkan JP akan kami berikan dengan ketentuan hampir sama untuk peserta ASN atan PNS akan kita berikan santunan berkala seumur hidupnya," imbuhnya.

"Agar mendapatkan santunan secara berkala Jaminan Pensiunnya, maka minimal kepesertaannya minimal adalah 15 tahun," lanjutnya.

Cara Klaim atau Pencairan JHT Tahun 2019 Pakai Alamat Baru bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Berikut dua jenis iuran BPJS Ketenagakerjaan Iuran Jaminan Hari Tua (JHT) dan Iuran Jaminan Pensiunan (JP).

JHT adalah program nasional yang dijalankan berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib.

Tujuannya adalah menjamin setiap peserta menerima sejumlah uang tunai secara sekaligus apabila memasuki masa pensiun di kemudian hari.

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2020, Download Aplikasi BPJSTKU Lewat Playstore

Jika si peserta mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia yang disebabkan baik oleh sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaannya ataupun bukan.

Halaman
123
Penulis: Resky Mertarega S
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved