Tribun Tulangbawang

Winarti Imbau Warga Waspada, Lima Kecamatan di Tulangbawang Rentan Bencana

Bupati Tulangbawang Winarti mengimbau masyarakat yang bermukim di bantaran sungai Way Tulangbawang agar siaga jika sewaktu-waktu air meluap

Winarti Imbau Warga Waspada, Lima Kecamatan di Tulangbawang Rentan Bencana
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
MENINJAU - Bupati Winarti dan Kapolres AKBP Syaiful Wahyudi bersama unsur Forkopimda meninjau Kampung Bugis di Kecamatan Menggala yang menjadi daerah langganan, Rabu (8/1). 

Winarti Imbau Warga Waspada, Lima Kecamatan di Tulangbawang Rentan Bencana

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Winarti Imbau Warga Waspada, Lima Kecamatan di Tulangbawang Rentan Bencana. Bupati Tulangbawang Winarti mengimbau masyarakat yang bermukim di bantaran sungai Way Tulangbawang agar siaga jika sewaktu-waktu air meluap merendam pemukiman.

Ini menyusul masuknya musim penghujan. Sebab biasanya, jika masuk musim penghujan air sungai Tulangbawang akan meluap merendam pemukiman yang ada disekitar bantaran sungai.

Perbaiki Infrastruktur karena Banjir, Pemkot Metro Diminta Gunakan Pos Bencana

Luapan air ini juga merupakan kiriman dari DAM Way Rarem Lampura. "Kita imbau masyarakat mulai mengantisipasi terjadinya luapan sungai, terutama mereka yang tinggal di bantaran sungai Tulangbawang. Kalau meihat air sudah mulai naik, segera mengungsi," terang Winarti usai memimpin apel besar siaga bencana yang digelar di lapangan Mapolres Tuba, Rabu (08/01) pagi.

Bupati Winarti menyebut lima kecamatan dari 15 kecamatan di Tuba rawan bencana alam banjir dan angin puting beliung.

Beberapa kecamatan itu di antaranya Menggala, Rawapitu, Gedung Meneng, Dente Teladas, dan Gedung Aji.

"Beberapa kecamatan itu sering banjir karena berada di bantaran sungai Way Tulangbawang. Ketika musim penghujan tiba air dari aliran sungai meluap, sehingga merendam pemukiman warga," papar Winarti.

Khusus di Kecamatan Rawapitu, Winarti menyebut, telah melakukan langkah antisipasi agar luapan air tidak merendam areal persawahan.

BPBD Pringsewu Ajak Masyarakat Antisipasi Bencana Banjir

Sejauh ini Dinas PUPR dan Dinas Pertanian telah meninggikan tanggul untuk menghalau air agar tidak masuk dan merendam areal persawahan warga.

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved