Tribun Bandar Lampung

Pemprov Lampung Terus Mantabkan Kesiapan Embarkasi Haji 2020, Ini Beberapa Hal yang Perlu Dilengkapi

Pemprov Lampung terus memantapkan kesiapan Bandara Internasional Radin Inten II Lampung untuk embarkasi haji langsung Lampung-Arab Saudi.

Pemprov Lampung Terus Mantabkan Kesiapan Embarkasi Haji 2020, Ini Beberapa Hal yang Perlu Dilengkapi
tribunnews.com
Ilustrasi. Pemprov Lampung Terus Mantabkan Kesiapan Embarkasi Haji 2020, Ini Beberapa Hal yang Perlu Dilengkapi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung terus memantapkan kesiapan Bandara Internasional Radin Inten II Lampung untuk embarkasi haji langsung Lampung-Arab Saudi pada musim haji 2020.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilengkapi guna peluncuran embarkasi haji 2020.

Diantaranya, instrument landing system (ILS), surat izin prinsip dari otoritas penerbangan sipil dari Arab Saudi, dan safty train atau uji kemanan serta keselamatan untuk pesawat berbadan lebar di Bandara Radin Inten II.

"Iya kami sedang terus berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarananya, kita siap untuk mendorong terwujudnya embarkasih langsung, kita terus dberkoordinasi," ujarnya kepada Tribunlampung.co.id, di kantor Gubernur Lampung, Jumat (10/1/2020).

Kata dia, dalam waktu dekat uji keamanan dan keselamatan untuk pesawat berbadan lebar seperti Air Bus A330 akan dilaksanakan.

Sebab, saat ini pihaknya sedang melakukan menyiapkan beberapa hal untuk melakukan uji keamanan dan keselamatan.

"Kita sedang koordinasikan, rencananya mau uji coba keamanan dan keselamatan penerbangan dengan menggunakan pesawat besar," ungkap Taufik.

Disamping itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menjelaskan pihaknya telah mengunjungi Kementerian Perhubungan dan bertemu dengan Direktur Niaga membicarakan terkait izin prinsip.

Sementara, untuk pengajuan instrument landing system (ILS) telah diusulkan pada 2013 lalu.

Namun, saat ini urusan navigasi berada pada PT Airnav yang mengadakannya, sehingga pihaknya kembali bersurat.

"Nanti suratnya akan kita lanjutkan kepada Dirjen Perhubungan Udara dan memfasilitasi untuk berkirim surat kepada Otoritas Penerbangan Sipil di Arab Saudi, Secara kesiapan pihak bandara sudah siap untuk embarkasi penuh dengan menyiapan landasan dan sebagainya. Yang sudah pasti embarkasi haji ada 13. Lampung dalam poses melengkapi. Untuk jenis pesawatnya Airbus A330. Kapasitas jamaahnya sekali angkut satu pesawat bisa 360 orang," katanya.

Halaman
123
Penulis: kiki adipratama
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved