Baru Magang 3 Hari Pelajar SMA Mengira Ada Gerhana, Ternyata Planet Berukuran Lebih Besar dari Bumi

Proyek sains masyarakat ini memungkinkan untuk orang yang tidak bekerja untuk NASA turut membantu untuk menemukan planet-planet baru.

Baru Magang 3 Hari Pelajar SMA Mengira Ada Gerhana, Ternyata Planet Berukuran Lebih Besar dari Bumi
www.youtube.com/NASA Goddard
Baru Magang 3 Hari Pelajar SMA Mengira Ada Gerhana Ternyata Planet Berukuran Lebih Besar dari Bumi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pada hari ketiganya menjalani program magang di NASA, seorang pelajar SMA berusia 17 tahun. 

Pelajar tersebut bernama Wolf Cukier. Ia  berhasil menemukan planet yang berukuran 6,9 kali lebih besar dari bumi.

"Aku sedang melihat melalui data untuk semua yang telah ditandai oleh para sukarelawan sebagai biner gerhana (eclipsing binary), suatu sistem di mana dua bintang mengelilingi satu sama lain dan dari pandangan kami gerhana terjadi satu sama lain di setiap orbit," kata Wolf, dikutip Tribunjogja.com dari laman nasa.gov, Selasa (14/1/2020).

"Sekita tiga hari masa magang, aku melihat sinyal dari sistem yang disebut TOI 1338. Awalnya aku berpikir itu adalah gerhana bintang, tapi waktunya salah. Ternyata itu adalah planet," imbuhnya.

Planet temuan tersebut dikenal dengan TOI 1338 b, merupakan planet sirkumbiner pertama TESS, suatu dunia yang mengorbit dua bintang.

Planet Mars Serupa Warna Darah dan Hujan Meteor Akan Dampingi Blood Moon Malam Ini

Planet Kerdil Ceres Mengandung Banyak Es

Tim Dosen Sains Atmosfer dan Keplanetan Itera - Kumpulan Siklon Dahlia Sedang Bergerak ke Lampung

Temuan ini dipaparkan dalam diskusi panel pada Senin (6/1/2020) dalam pertemuan 235th American Astronomical Society di Honolulu, Hawaii.

s
Wolf Cukier. (www.cnbc.com)

Wolf Cukier menulis makalah penemuannya bersama dengan para ilmuwan dari Goddard, San Diego State University, the University of Chicago, dan institusi lain, serta telah diserahkan ke jurnal ilmiah.

Sistem TOI 1338 berada 1.300 tahun cahaya di konstelasi Pictor. Terdapat dua bintang yang saling mengorbit setiap 15 hari. 

Satu sekitar 10% lebih besar dari matahari kita, dan yang satu lagi lebih dingin, redup, dan hanya sepertiga dari massa matahari.

TOI 1338 b adalah satu-satunya planet yang dikenal dalam sistem. Ukurannya sekitar 6,9 kali lebih besar dibanding bumi, atau di antara ukuran Neptunus dan Saturnus.

Halaman
12
Editor: Romi Rinando
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved