Tribun Bandar Lampung

Dispar Dapat Bantuan DAK Rp 2,3 Miliar untuk Peningkatan Wisata Sumur Putri dan Agropark

Tahun ini Dispar Bandar Lampung mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,3 miliar.

Tribunlampung/Bayu
Ilustrasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menggelar Festival Sumur Putri. Dispar Dapat Bantuan DAK Rp 2,3 Miliar untuk Peningkatan Wisata Sumur Putri dan Agropark 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Dinas Pariwisata (Dispar) Bandar Lampung tengah berupaya membenahi kawasan wisata Sumur Putri menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Kota Tapis Berseri.

Tahun ini Dispar Bandar Lampung mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,3 miliar.

Dimana anggaran tersebut peruntukannya untuk pengelolaan tempat wisata Sumur Putri yang berada di Jalan Saleh Raja Kusuma Yudha, Kecamatan Telukbetung Selatan dan juga Agropark Kemiling.

Kepala Dispar Kota Bandar Lampung M Yudhi mengatakan, memang sebelumnya pemerintah kota telah memiliki rencana melakukan peremajaan tempat wisata ini sehingga dapat menjadi tempat wisata unggulan.

Rencana tersebut mendapat sambutan positif dari pemerintah pusat dengan mengalokasikan bantuan DAK.

VIDEO Makan Buah Gratis dan Foto Selfie Nuansa Kebun Bunga di PKK Agropark Lampung

Festival Sumur Putri Dongkrak Pariwisata Bandar Lampung

Petani di Lampung Tewas Ditembak di Depan Istri, 2 Orang Asing Datang Tiba-tiba Letuskan Pistol

Polda Lampung Sebut Petani di Register 45 Mesuji Ditembak 4 Kali

“Tahun ini kita dapat bantuan DAK dari pusat sebesar Rp 2,3 miliar yang nantinya akan dipergunakan untuk peningkatan wisata sumur putri dan agropark di Kemiling," jelas Yudhi Senin (20/1/2020).

Namun begitu, lanjutnya, untuk pembagiannya dirinya mengaku lupa secara detail tapi yang jelas alokasi lebih besar diperuntukkan bagi objek wisata Sumur Putri.

Dari anggaran tersebut, paparnya, akan dipakai untuk membangun beberapa sarana penunjang seperti ketersediaan kios, sarana ibadah, kamar mandi dan ruang ganti, dan lain sebagainya.

“Dengan anggaran itu nantinya akan kita bangun kios, lampu penerangan, WC dan tempat ganti pakaian, hingga tempat ibadah juga ada,” terangnya.

Dirinya menerangkan untuk saat ini dengan anggaran yang ada tersebut pihaknya masih membahas pada tahap perencanaan bersama pihak konsultan sehingga ketika pada tahap pelaksanaan semua dapat sesuai yang diharapkan.

“Perkiraan kita di bulan Maret mendatang sudah mulai mengerjakan tahap fisiknya, namun tetap semua tergantung dari perencanannya,” kata dia.

Terakhir pihaknya berharap bahwa nilai sejarah yang terdapat di Sumur Putri dapat terangkat.

Memancing para wisatawan baik domestik maupun luar datang ke lokasi wisata yang ada di Kota Bandar Lampung itu, maka secara tidak langsung dengan adanya wisatawan dinilainya akan berdampak pada peningkatan PAD.

Pihaknya berharap dinas PU juga bisa bersinergi dalam membangun objek wisata ini dengan menyediakan alokasi anggaran untuk membangun fasilitas lainnya yang dibutuhkan.

"Berharap ada anggaran penunjang dari PU untuk mengoptimalkan penataan di lokasi wisata ini agar dana pendukung dari pemerintah pusat ini bisa optimal," tandasnya.(Tribunlampung.co.id/ Sulis Setia M)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved