Breaking News:

Tribun Bandar Lampung

Mobilitas Masyarakat Lampung Mulai Meningkat, Indeks Penghasilan Merangkak Naik

Memasuki fase adaptasi kebiasaan baru, mobilisasi masyarakat Lampung mengalami peningkatan.

Tangkap Layar Webinar Bank Indonesia
Mobilitas Masyarakat Lampung Mulai Meningkat, Indeks Penghasilan Merangkak Naik. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Ahmad Robi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Memasuki fase adaptasi kebiasaan baru, mobilisasi masyarakat Lampung mengalami peningkatan.

Perkembangan ini tergambar pada data Google Global Mobility Report yang menyajikan data perubahan tingkat kerumunan (jumlah pengunjung atau durasi waktu yang dihabiskan) di beberapa kategori tempat jika dibandingkan dengan periode sebelum Covid-19.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Lampung, Budiharto Setyawan mengungkapkan, berdasarkan data laporan per 11 September 2020, menunjukkan mobilisasi masyarakat Lampung yang terpantau mulai menuju pola normal.

“Mobilisasi di area pemukiman, area toko bahan makanan dan apotek serta taman cenderung landai,” papar Budiharto Setyawan dalam paparan Lampung Economic Update Diseminasi LPP & KFR Triwulan II 2020, Kamis (17/9/2020).

“Sementara mobilisasi ke tempat ritel dan rekreasi menunjukkan tren peningkatan, perkembangan ini mengindikasikan peningkatan aktivitas konsumsi (permintaan) masyarakat Lampung,” sambung Budiharto Setyawan

Selain karena adanya pelonggaran pembatasan, Budi menjelaskan, hal tersebut sejalan dengan hasil survei konsumen Bank Indonesia yang menunjukkan perbaikan indeks penghasilan saat ini.

“Meskipun masih terbatas, perbaikan indeks penghasilan ini antara lain ditopang oleh penyaluran bantuan sosial, panen komoditas pertanian dan perkebunan, serta mulai dibukanya sejumlah kegiatan usaha pada fase adaptasi kebiasaan baru,” terang Budiharto Setyawan.

“Indikasi meningkatnya permintaan ini diharapkan dapat mendorong pemulihan dunia usaha dan pemulihan ekonomi Lampung,” lanjut Budiharto Setyawan.

Sementara itu, hasil Survei Konsumen pada September 2020 mengindikasikan, perbaikan keyakinan konsumen terhadap perekonomian kembali tertahan dan mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: ahmad robi ulzikri
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved