Tribun Bandar Lampung

Hasil Survei Damar: Remaja di Bandar Lampung Minim Informasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Damar merilis masalah yang paling banyak dihadapi oleh responden adalah minimnya akses informasi tentang hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR).

Freepik via Bangkapos
Ilustrasi. Damar Lampung merilis masalah yang paling banyak dihadapi oleh responden adalah minimnya akses informasi tentang hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR). 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Muhammad Joviter

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Lembaga Advokasi Perempuan Damar Lampung memaparkan temuan lapangan dari survei mini yang dilakukan kepada 95 responden perempuan dan laki-laki muda di Kota Bandar Lampung.

Hasilnya cukup mengejutkan.

Damar Lampung merilis masalah yang paling banyak dihadapi oleh responden adalah minimnya akses informasi tentang hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR).

Koordinator Program Damar Lampung Sofyan Hadi mengatakan, 82,5 persen responden tidak pernah mendengar konseling sebaya dan pelayanan kesehatan peduli remaja.

"Meskipun begitu, diperoleh wawasan bahwa peran teman sebaya sebagai teman curhat atau sebagai sumber informasi menjadi pilihan terbanyak bagi anak muda," ungkap Sofyan Hadi dalam keterangan resmi yang diterima Tribunlampung.co.id, Sabtu (3/10/2020).

Oleh karena itu, lanjut Sofyan, maka peer-support bisa menjadi potensi penguatan tentang HKSR tersebut.

PKBI Lampung Gelar Showcasing 2020 Menyuarakan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja

BREAKING NEWS Damar Desak Polda Lampung Ambil Alih Kasus Perkosaan Anak di Bawah Umur

Dalam forum diskusi yang dilakukan bersama pihak terkait, Sofyan menyebut peran serta anggota legislatif dalam menekan pentingnya payung hukum atas HKSR dan perlindungan dari kekerasan seksual.

"Mereka mendorong agar dinas-dinas terkait dan kelompok masyarakat turut serta dalam mengusung peraturan terkait hal tersebut di Kota Bandar Lampung," kata Sofyan. (Tribunlampung.co.id/Muhammad Joviter)

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved