Breaking News:

Advertorial

IMA Lampung Gelar Digital Marketing Training Batch #2

Ketua IMA Lampung Heri Andrian mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 25 UMKM binaan dengan menggandeng Tokopedia dan Bank BRI.

Dokumentasi
IMA Lampung Gelar Digital Marketing Training Batch #2 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Indonesia Marketing Association (IMA) Lampung telah menggelar kegiatan IMA Digital Marketing Training Batch #2 yang dilaksanakan Kamis (5/11/2020) di Magna Coffee.

Ketua IMA Lampung Heri Andrian mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 25 UMKM binaan dengan menggandeng Tokopedia dan Bank BRI.

“Dalam kegiatan ini kami menggelar sosialisasi kepada para UMKM pembuatan NIB dan SIUP bagi UMKM yang belum memiliki,” kata Heri.

Selain sosialisasi pembuatan NIB dan SIUP bagi UMKM, dilaksanakan juga sosialisasi mengenai program bantuan dari pemerintah pusat bagi UMKM, lanjutnya.

Di era digitalisasi saat ini, UMKM tidak bisa hanya mengandalkan pemasaran secara konvensional (offline) namun harus bisa mengikuti trend berjualan secara online melalui aplikasi penjualan online salah satunya Tokopedia.

“Dalam kegiatan ini kita bantu bagaimana tips dan trik berjualan online melalui aplikasi Tokopedia. Tentunya dengan harapan UMKM bisa memasarkan produk mereka secara maksimal, meningkatkan omset dna memperluas pangsa pasar mereka” kata Heri.

Terkait dana bantuan dari pemerintah pusat kepada para pelaku usaha UMKM, ada pula sosialisasi dari bank BRI mengenai persyaratan dan pengajuan bantuan tersebut.

Hal ini perlu disosialisasikan mengingat masih banyak pelaku UMKM yang masing bingung tentang persyaratan pengajuannya.

Selain itu disampaikan pula mekanisme untuk mendapat pinjaman dari perbankan.

“Melalui kegiatan ini kita bantu mereka untuk mempersiapkan dan mengajukan dokumen yang dibutuhkan. Mereka juga bisa mengajuan bantuan modal, supaya bisa tetap eksis di kondisi pandemi saat ini,“ ungkap Vio Dian Septiana selaku VP Bidang Akademic and Certification IMA Lampung.

“IMA juga melakukan kerjasama dengan bank BRI untuk mengembangkan pasar UMKM, dimana telah disiapkan gerai di Bakauheni. Dengan kerjasama, jadi UMKM bisa titip barang disana sehingga bisa bantu akses pasar. Kemudian ada bantuan dari Astra juga supaya produk tidak hanya berputar di Lampung saja,” tambahnya.

Dia juga menambahkan, kedepannya kegiatan ini akan terus digelar dengan berbagai tema menarik bagi UMKM.

”Rencananya kita akan bahas tentang pembuatan HAKI bagi UMKM, karena itu penting supaya bisa mempertahankan keoriginalan produk maupun branding mereka,” pungkasnya. (*)

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved