Breaking News:

Tribun Lampung Selatan

DPRD Lamsel Dorong Pemkab Tambah Tempat Isolasi Pasien Covid

DPRD Lampung Selatan meminta perintah daerah mengambil langkah strategis guna menekan angka kasus terkonfirmasi.

Dokumentasi Pribadi
Andi Aprianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Menyikapi status zona merah Covid-19, DPRD Lampung Selatan meminta perintah daerah mengambil langkah strategis guna menekan angka kasus terkonfirmasi.

Anggota Komisi D DPRD Andi Apriyanto mengatakan, pemerintah daerah harus segera mengambil langkah penting dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Dirinya meminta pemerintah daerah untuk melakukan optimasi anggaran yang telah disediakan di APBD 2021. Ia juga meminta pemerintah daerah untuk lebih melibatkan peran masyarakat.

"Tanpa peran serta dari masyarakat, sulit untuk dapat mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19," kata dia melalui WhatsApp, Rabu (13/1).

Baca juga: Belum Terdampak Zona Merah Lamsel, Penyeberangan di Bakauheni Normal

Andi juga mendorong pemerintah segera menyiapkan tempat isolasi tambahan di luar rumah sakit daerah. Ini mengingat penambahan kasus terkonfirmasi positif yang terus meningkat.

Dirinya melihat isolasi mandiri di rumah bagi pasien terkonfirmasi positif berisiko jika manajemen pemantauan dari petugas lemah.

"Memang isolasi mandiri di rumah sulit dihindari karena kurangnya fasilitas untuk isolasi. Tentu manajemen pemantauan dan pengawasan untuk isolasi mandiri di perlu ditingkatkan," ujar politis PKS ini.

Tetapi dirinya melihat, pemerintah daerah perlu segera menyiapkan tempat isolasi selain yang ada di rumah sakit. Sehingga pasien terkonfirmasi positif ini, bisa lebih terpantau.

Baca juga: Metro Zona Merah Covid-19, Disdikbud Tinjau KBM Tatap Muka

Dirinya juga menyarankan kepada perintah untuk kordinasi dalam setiap langkah kebijakan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Ini agar pemerintah daerah tidak terlihat gagap/kurang siap dalam mengatasi penyebaran pandemi Covid-19 yang meningkat signifikan di akhir tahun lalu dan awal tahun 2021 ini.

"Kita akan kordinasikan di Komisi D untuk nantinya menjadwalkan melakukan hearing dengan pemerintah daerah, terkait dengan penanganan pandemi covid-19 ini," kata Andi Apriyanto.(ded)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved