Breaking News:

Tribun Lampung Selatan

Belum Terdampak Zona Merah Lamsel, Penyeberangan di Bakauheni Normal

Penetapan status Kabupaten Lampung Selatan sebagai zona merah (red zone) Covid-19 pada Senin (11/1), belum berdampak pada arus penyeberangan

Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Belum Terdampak Zona Merah Lamsel, Penyeberangan di Bakauheni Normal 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Penetapan status Kabupaten Lampung Selatan sebagai zona merah (red zone) Covid-19 pada Senin (11/1), belum berdampak pada arus penyeberangan di pelabuhan Bakauheni.

Sejauh ini pelayanan penyeberangan di pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatra itu tetap berjalan seperti biasa.

Humas PT ASDP cabang Bakauheni Saifulahil Maslul Harahap mengatakan, sejauh ini belum ada koordinasi dari tim gugus tugas dan juga pemerintah terkait langkah kebijakan terkait status zona merah pandemi Covid-19.

Dirinya mengatakan, PT ASDP akan mengikuti dan mematuhi kebijakan dari pemerintah terkait dengan pelayanan penyeberangan bila nantinya akan kebijakan terkait dengan kondisi pandemi Covid-19.

"Kita akan ikuti dan patuh pada kebijakan pemerintah. Seperti halnya yang pernah dilakukan di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk," kata dia.

Baca juga: Jelang Pergantian Tahun, Arus Penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni Terpantau Normal

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang, R Marjunet mengatakan, sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nasional Nomor 1 Tahun 2021 untuk transportasi udara pengguna jasa diwajibkan menunjukkan surat keterangan rapid antigen dengan hasil negatif.

"Untuk perjalanan laut sifatnya tidak wajib, hanya imbauan. Karenanya untuk di Bakauheni, sejauh ini kami hanya mengimbau kepada pengguna jasa," kata dia.

Ia mengatakan, kepada para pengguna jasa penyeberangan yang hendak ke pulau Jawa terlebih dahulu melakukan rapid antigen."Jika tidak bisa menunjukan surat keterangan rapid antigen dengan hasil negatif, sebaiknya tidak menyeberang ke pulau Jawa," ujar Marjunet.

Baca juga: Angin Kencang Tak Pengaruhi Penyeberangan Bakauheni

Dirinya menambahkan, pihaknya tetap akan mengikuti perkembangan. Jika nantinya ada kebijakan atau aturan baru terkait dengan semua perjalanan.

"Nantinya kalau memang ada kebijakan pemerintah yang baru terkait semua moda transportasi terkait dengan pandemi Covid-19, kita akan laksanakan," kata Marjunet. 

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved