Breaking News:

Kasus Corona di Lampung Selatan

Diskes Lampung Selatan Siapkan Langkah Antisipasi KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19

dinas telah memiliki tenaga kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan untuk penanganan KIPI pasca vaksin Covid-19.

Tribunlampung.co.id/Dedi
Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto saat mengikuti vaksin covid 19 perdana di RSUD Bob Bazar. Diskes Lampung Selatan Siapkan Langkah Antisipasi KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN – Plt Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Eka Riantinawati mengatakan pihak Dinas telah menyiapkan langkah antisipasi mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) untuk kegiatan vaksinasi Covid-19.

Menurut dirinya, dinas telah memiliki tenaga kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan untuk penanganan KIPI pasca vaksin Covid-19.

“Untuk alat dan obatnya, juga kita sudah siap. Langkah antisipasi telah kita siapkan jika ada kejadian KIPI,” kata dia, pasca pelaksanaan vaksin covid-19 perdana di RSUD Bob Bazar, Selasa (19/1/2021).

Sementara itu ketua IDI cabang Lampung Selatan, dr Wahyu Wibisana mengatakan, secara umum efek samping (dampak) dari vaksin (kejadian ikutan) seperti indurasi.

Yakni kondisi badan yang panas, ruam (merah) pada daerah sekitar penyuntikan vaksin.

Baca juga: Disuntik Vaksin Covid-19, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto: Tidak Ada Efek Apapun, Aman

Baca juga: Kick Off Vaksinasi Covid-19 di Lampung Selatan, Tahap Pertama Diperuntukkan Bagi 2.587 Nakes

“Ada juga yang mual dan muntah, serta shok anafilaktik. Tapi biasanya sifatnya sementara,” kata dia saat mengikuti kegiatan kick off vaksinasi covid-19 di RSUD Bob Bazar Kalianda.

Menurut dirinya, pihak dinas/rumah sakit tentu sudah melakukan langkah antisipasi untuk kejadian KIPI pasca dilakukannya vaksinasi Covid-19.

dr Wahyu Wibisana menambahkan, vaksinasi Covid-19 ini menjadi upaya dari pemerintah untuk melindungi masyarakat dari penyebaran pandemi covid-19.

Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir meski dalam pemberitaan disebutkan efekasi dari vaksin sinovac yang digunakan ini sekira 60 persen.

Halaman
1234
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved