Breaking News:

Lampung Utara

BPUM 2021, Diskop, UMKM dan Perindustrian Lampung Utara Tunggu Instruksi Kemenkop UKM

Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampung Utara saat masih harus menunggu instruksi Kemenkop UKM terkait perpanjangan program BPUM 2021.

Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi
Ilustrasi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Utara, Dina Prawitarini. Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampung Utara saat masih harus menunggu instruksi Kemenkop UKM terkait perpanjangan program BPUM 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampung Utara saat masih harus menunggu instruksi atau surat resmi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI terkait perpanjangan program Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro atau BPUM 2021.

“Kita tunggu dulu surat pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat, saat ini kita belum dapat memberikan informasi lebih lanjut ke masyarakat."

"Kalau di medsos (Media Sosial) memang sudah tersebar informasi itu, namun kami belum berani menginformasikan ke masyarakat karena belum ada dasarnya.” jelas Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Lampung Utara, Dina Prawitarini, Selasa 23 Februari 2021.

Jika surat resmi program tersebut sudah diterima, maka pihaknya akan langsung menindaklanjuti ke Kelurahan/Desa terkait pendataan pelaku usaha yang akan diusulkan.

Baca juga: Polisi Amankan Warga Lampung Utara Bawa Sabu di Saku Celana

Baca juga: Sri Haryati Jabat Dirut RSUD Ryacudu Kotabumi, 28 Pejabat Eselon Lampung Utara Dilantik

“Ke depan untuk pendataan kita serahkan kepada Kelurahan/Desa karena Kelurahan/Desa lah yang lebih mengetahui pelaku usaha yang ada di wilayahnya masing-masing."

"Kami hanya meneruskan usulan yang masuk dari Kelurahan/Desa tersebut."

"Selanjutnya kewenangan menentukan si penerima bantuan, sepenuhnya ada di pusat,” jelasnya.

Diterangkan wanita berhijab ini, beberapa bulan yang lalu sebelum program BPUM ini diluncurkan, Kementerian Koperasi dan UKM RI melakukan Video Conference (Vicon) terlebih dahulu dengan seluruh Dinas yang menangani Koperasi dan UMKM se Indonesia termasuk Diskop. UMKM dan Perindustrian Lampung Utara.

“Kalau memang nanti kami mendapatkan info resmi bahwa Program tersebut akan dilanjutkan, maka disamping kami akan langsung menginformasikan ke Desa / Kelurahan agar mengajukan usulan baru, kami juga akan mengusulkan kembali usulan yang lalu yang belum mendapatkan bantuan tersebut,” jelasnya.

Untuk diketahui, program tersebut tidak diperbolehkan untuk PNS, TNI, Polri kemudian memiliki pinjaman di Bank seperti KUR.

Baca juga: Dishub Lampung Utara Butuh Mobil Patwal Dukung Kinerja Pelayanan Masyarakat

Baca juga: Waspada Banjir dan Tanah Longsor Selama Sepekan Kedepan di Lampung Utara

“Pada Tahun 2020 dari 27.401 pelaku usaha yang kita usulkan untuk memdapatkan bantuan tersebut, terealisasi sekitar 5.000an pelaku usaha dengan nominal bantuan sebesar Rp.2.400.000,” pungkasnya.

Ia mengimbau, dengan para pelaku usaha selaku pengusul program BPUM agar jangan kecewa jika tidak mendapatkan bantuan.

Karena pihaknya tidak ada wewenang untuk memastikan siapa yang menerima.

( Tribunlampung.co.id / Anung Bayuardi )

Penulis: anung bayuardi
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved