Breaking News:

Tribun Tanggamus

Dirjen KSDAE Instruksikan Bentuk Tim Elephant Response Unit (ERU) di Resort Suoh

Kunjungan Kerja Dirjen KSDAE diawali kunjungan ke Kantor Balai Besar TNBBS di Kotaagung Kabupaten Tanggamus.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Dirjen KSDAE Instruksikan Bentuk Tim Elephant Response Unit (ERU) di Resort Suoh 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin bersama Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem ( KSDAE)  Wiratno menggelar kunjungan kerja ke Pemkab Tanggamus dan Balai Besar TNBBS, Minggu ( 28/2).

Kunjungan Kerja Dirjen KSDAE diawali kunjungan ke Kantor Balai Besar TNBBS di Kotaagung Kabupaten Tanggamus.

Dirjen KSDAE dalam arahannya mengintruksikan untuk dibentuk Tim Elephant Response Unit (ERU) di Resort Suoh guna menanggulangi konflik manusia dan satwa liar.

Sebelumnya, Balai Besar TNBBS telah membentuk ERU dalam penanggulangan konflik satwa dan manusia di Resort Pemerihan. Kelompok Gajah bunga dari Bulan Agsutus s/d saat ini masih berada di sekitar Resort Suoh.

Untuk itu, Dirjen KSDAE meminta segera membentuk ERU di Resort Suoh, serta peta pergerakan gajah akan dibagikan kepada masyarakat.

Baca juga: Kisah Kepala TNBBS Halau Kawanan Gajah, Terjebak 5 Jam di Atas Pohon Petai

Wiranto menekankan kepada balai besar TNBBS segera mencari lokasi Tim ERU di Resort Suoh dalam waktu 2 minggu kedepan.

Sementara Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan gajah telah masuk kampung dan merusak 34 rumah kepala keluarga.

"Kalau gajah mati 1 saja, bukan hanya Indonesia yang komplain, tetapi juga dunia internasional. Untuk itu diupayakan agar gajah tidak masuk kampong lagi, kewajiban kita bersama menjaga kelestarian gajah," ujarnya.

Baca juga: VIDEO TNBBS-Polda Lampung Gagalkan Transaksi Jual Beli Gading Gajah, Amankan 3 Tersangka

Sudin juga mengajak masyarakat untuk menjaga hutan "Ayo kita membentuk PAM Swakarsa menjaga agar gajah tidak masuk kampung," tukasnya

Dalam keguiatan tersebut Dirjen KSDAE juga memberikan penghargaan ke sejumlah tokoh yang berperan penanganan mitigasi konflik satwa liar hingga pendampingan program kampung iklim.

Tokoh yang diganjar penghargaan di antaranya Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Bupati Tanggamus Dewi Handajani dan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Setelah agenda kunker dilanjutkan dengan interaktif bersama masyarakat Satgas Penanganan Konfik Gajah Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Lampung Barat.

Tampak hadir Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Asisten II Bupati Lampung Barat, Pelaksana Tugas Kepala BTNBBS Ismanto, S. Hut dan perwakilan kelompok tani. (tri)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved