Pilkada Lampung Tengah 2020

Bawaslu Lampung Tengah Serahkan Laporan Akhir Hasil Pengawasan ke Bawaslu RI dan Pemkab

Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah juga turut menyerahkan laporan akhir hasil pengawasan ke Bawaslu RI

Penulis: kiki adipratama | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi
Kordiv Pengawasan Edwin Nur menyerahkan laporan hasil pengawasan ke Bawaslu RI, Senin (22/3/2021). Bawaslu Lampung Tengah Serahkan Laporan Akhir Hasil Pengawasan ke Bawaslu RI dan Pemkab 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah juga turut menyerahkan laporan akhir hasil pengawasan ke Bawaslu RI, Senin (22/3/2021).

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah Edwin Nur menjelaskan isi dalam laporan itu terkait pelaksanaan pilkada yang dimulai sejak tahapan awal.

"Iya kita, bersama Bawaslu Kabupaten  lainnya yang ikut menyerahkan laporan ke Bawaslu RI. Isinya hasil pengawasan seluruh tahapan pilkada 2020 di Lamteng," ujar Edwin Nur, Selasa (23/3/2021).

Edwin menuturkan, laporan itu juga akan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah.

Baca juga: Bawaslu Serahkan Laporan Akhir Hasil Pengawasan Pilkada Bandar Lampung 2020 ke Bawaslu RI

Baca juga: 7 Fakta Anak Penggal Leher Ayah di Lampung Tengah, Istri Dengar Suara Gaduh

"Iya kita serahkan juga ke Pemkab Lamteng," ujar Edwin.

"Selain itu kita juga ada program Sekolah Kader Pengawasan Parsitipatif. Program ini adalah salah satu cara kita untuk melibatkan peran masyarakat dalam pelaksanaan pesta demokrasi," kata Edwin.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung menyerahkan laporan akhir hasil  pengawasan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Tahun 2020 kepada Bawaslu RI, Senin (22/03/2021).

Selain Bawaslu Kota Bandar Lampung  juga diikuti 14 Kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Lampung. 

Laporan tersebut diterima langsung oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisai Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin.

Penyerahan laporan itu dipimpin oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar dan diserahkan langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung sekaligus sebagai Koordinator Divisi Pengawasan Candrawansah.

“Laporan akhir ini sebagai catatan hasil dari kinerja pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kota Bandar Lampung beserta jajaran dalam melakukan pengawasan secara langsung di setiap tahapannya pada pemilihan kepada daerah tahun 2020,” kata Candrawansah, Selasa (23/3/2021).

Menurut Candra, laporan akhir pengawasan memuat pengawasan yang telah dilakukan Bawaslu Kota Bandar Lampung dan jajaran selama proses tahapan Pilkada di Kota Bandar Lampung tahun 2020. 

“Dimulai dari tahapan pengawasan pembentukan penyelenggara adhoc, Pencalonan, Pemutakhiran Data Pemilih, Distribusi Logistik, Kampanye, Masa Tenang Kampanye dan Pemungutan Perhitungan Suara serta Rekapitulasi Perhitungan Suara,” ungkap Candrawansah. 

Candra menambahkan bahwa laporan pengawasan ini menggambarkan kinerja Bawaslu Kota Bandar Lampung dalam hal pengawasan terutama terkait dengan pencegahan yang dilakukan di dalam proses pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bandar Lampung.

( Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama )

Baca berita Lampung Tengah lainnya

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved