Breaking News:

UMKM Lampung

Kuliner Lampung, Qila Rumah Oleh-oleh Jual Terasi Bubuk Khas Mesuji, Tanpa Bahan Pengawet

Qila Rumah Oleh-oleh yang berada di Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, menjual berbagai olahan oleh-oleh khas Mesuji.

Dokumentasi
Terasi Bubuk Khas Mesuji. Kuliner Lampung, Qila Rumah Oleh-oleh Jual Terasi Bubuk Khas Mesuji, Tanpa Bahan Pengawet 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Qila Rumah Oleh-oleh yang berada di Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, menjual berbagai olahan oleh-oleh khas Mesuji.

Menurut pemilik Qila Rumah Oleh-oleh Sekar (35), yang sering dicari boleh masyarakat Mesuji ataupun luar Kabupaten Mesuji adalah produk terasi bubuk Mesuji (Sibuji).

"Kebetulan produk terasi bubuk Mesuji paling dicari pelanggan sebab rasanya yang khas dan packingnya yang sudah modern, jadi konsumen tak perlu khawatir takut bau bawa ke luar kota," ujar Sekar, Jumat (9/4/2021).

Sebelumnya, ibu dua anak ini mengaku produk terasi khas Mesuji sangat tradisional sekali pengemasannya.

Sehingga untuk pemasaran masih sulit karena secara branding belum ada.

Selanjutnya, kata dia, rasa khas tersebut didukung dari kemurnian terasi yang tak ada tambahan bahan pengawet apapun.

Untuk harganya sendiri Sekar menyebut satu botol Sibuji dengan ukuran 50 gram dibanderol Rp 15 ribu dan 100 gram Rp 25 ribu.

Selain terasi ada produk lainnya yang ditawarkan di tempat ini, yakni Akar Kelapa Ikan (OKTA) dibandedol Rp 15 ribu, krispy patin (KRISPAT) Rp 25 ribu, semprong ikan Rp 15 ribu dan kerupuk ikan gabus (KREJIO) Rp 15 ribu.

Sekar menambahkan bahwa produk yang dijual bukan sepenuhnya miliknya pribadi, ada barang titipan dari masyarakat Mesuji untuk biaya bantu pasarkan dan pengemasan.

"Banyak produk Mesuji yang potensial cuma ya itu secara pengemasan masih sangat tradisional jadi branding kurang. Dikhawatirkan penjualannya yang susah," paparnya.

Sehingga, ia mengaku hadirnya Qila Rumah Oleh-oleh ini juga menjadi wadah bagi produk UMKM di Mesuji untuk bisa dipasarkan.

Meskipun belum miliki outlet, ia miliki harapan besar UMKM di Mesuji dapat berkembang.

Jika berminat produk oleh-oleh dapat berkunjung ke Qila Rumah Oleh-oleh atau mengunjungi di Shopee dan Tokopedia @Sekarmartilova, atau hubungi WhatsApp +62 853-6865-1385 (Sekar).

( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf )

Baca berita UMKM Lampung lainnya

Penulis: M Rangga Yusuf
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved