Breaking News:

Pencabulan di Metro

Hindari Kasus Asusila, Komisi I Minta Pemkot Koordinasi dengan Pemilik Indekos

Komisi I DPRD Metro meminta pemerintah rutin berkoordinasi dengan pemilik indekos untuk meminimalisasi kasus asusila dan kejahatan.

Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak
Ketua Komisi I DPRD Metro Basuki. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi I DPRD Metro meminta pemerintah rutin berkoordinasi dengan pemilik indekos untuk meminimalisasi kasus asusila dan kejahatan.

"Intinya, jangan sampai rumah kos ini jadi tempat kejahatan. Perlu pengawasan, terutama dari pemilik kos. Kita kan enggak mungkin selalu razia, makanya diperlukan koordinasi lebih lagi. Supaya tidak ada kasus seperti pencabulan anak di bawah umur ini," ujar Ketua Komisi I DPRD Metro Basuki, Rabu (21/4/2021).

Pihaknya juga meminta agar korban dapat didampingi.

Karena berdasarkan kasus yang sudah-sudah, membutuhkan recovery yang cukup panjang ketika ada seorang perempuan atau anak yang menjadi korban kekerasan seksual.

Sementara terkait kasus kekerasan perempuan dan anak, ia meminta pencegahan dikedepankan.

Dimana masih banyak pihak yang belum peka, padahal isu perempuan dan anak merupakan isu wajib internasional.

"Jadi, sosialisasi perihal kekerasan seksual perlu diviralkan. Supaya orang peduli. Kalau bisa sejak dini. Bagaimana agar remaja dan anak-anak kita paham akan bahaya seks dini. Nah, ini kan perlu lintas koordinasi. Tapi perlu satu frekuensi dulu, kalau ini merupakan kewajiban bersama," tuntasnya.

Siap Dampingi Korban

Pemkot Metro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Metro siap melakukan pendampingan terhadap korban asusila.

"Iya kita sudah mendengar kabar itu. Nah, saat ini UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) kita sedang melakukan penjangkauan dulu kepada korban," ujar Kepala DP3APPKB Kota Metro Prayetno, Rabu (21/4/2021).

Halaman
123
Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved