Breaking News:

Bandar Lampung

Kini Ada Layanan Permen Manis di Disdukcapil Bandar Lampung

Pemerintah Kota Bandar Lampung mengenalkan inovasi pelayanan kependudukan daerah bernama Permen Manis atau Pelayanan Melalui Online, Masyarakat Duduk

Tangkapan Layar Layanan Permen Manis
Pemerintah Kota Bandar Lampung mengenalkan inovasi pelayanan kependudukan bernama Permen Manis atau Pelayanan Melalui Online, Masyarakat Duduk Manis. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Kota Bandar Lampung mengenalkan inovasi pelayanan kependudukan daerah bernama Permen Manis atau Pelayanan Melalui Online, Masyarakat Duduk Manis.

Pelayanan berbasis aplikasi Android tersebut merupakan perluasan layanan dari yang sebelumnya disediakan dengan model datang ke loket dan pelayanan website.

"Termasuk aplikasi ini, pelayanan manual masih dilangsungkan, pelayanan melalui website dukcapil.bandarlampungkota.go.id juga masih bisa digunakan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bandar Lampung A Zainuddin, Jumat (23/4/2021).

Perluasan layanan itu, kata Zainuddin, merupakan amanat dan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Layanan Dalam Jaringan.

"Ini sebuah inovasi dalam rangka penyesuaian keadaan. Dimana sekarang semua sudah punya handphone," ucap Zainuddin.

Penggunaan aplikasi tersebut diharapkan bisa dipakai oleh masyarakat Bandar Lampung untuk fungsi pelayanan yang lebih efisien.

"Kecuali untuk warga yang mengurus KTP maupun KIA, dimana harus datang untuk mendapatkan pelayanan," terangnya.

Untuk diketahui, aplikasi tersebut menyediakan 23 layanan kependudukan, seperti kartu keluarga, akta kelahiran dan lainnya.

"Nantinya, setelah diproses melalui sistem, berkas kependudukan akan langsung dikirimkan dalam bentuk PDF," sambung Zainuddin.

"Lalu masyarakat bisa mencetaknya secara mandiri di kediaman masing-masing," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Vincensius Soma Ferrer
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved