Breaking News:

Tulangbawang

Pemkab Tulangbawang Tegaskan Tak Ada ASN Cuti Sebelum dan Sesudah Lebaran

Pemkab Tulangbawang sudah memberitahukan aturan mengenai pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah, mudik, dan larangan cuti bagi pegawai ASN.

screenshot
SE Bupati Tulangbawang. Pemkab Tulangbawang Tegaskan Tak Ada ASN Cuti Sebelum dan Sesudah Lebaran 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Pemkab Tulangbawang sudah memberitahukan aturan mengenai pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah, mudik, dan larangan cuti bagi pegawai aparatur sipil negara (ASN) dalam masa pandemi Covid-19.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam surat edaran bupati nomor 800/345/IV.4/TB//IV/2021 tanggal 14 April 2021.

SE Bupati Tuba itu menindaklanjuti Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 08 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah Dan/Atau Mudik Dan/Atau Cuti Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Surat edaran tersebut dikeluarkan berpedoman pada Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020. 

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Tuba, Yeni Karmini Utari, mengatakan, sejauh ini belum ada ASN di Tuba yang mengajukan cuti menjelang lebaran maupun sesudah lebaran.

Ini menyusul adanya larangan mudik dan cuti bagi ASN pada lebaran tahun ini.

Baca juga: Cuti Bersama ASN Tahun Ini Hanya 2 Hari

Jika pun ada yang nekat melanggar aturan itu, maka akan ada sanksi disiplin yang diberikan kepada pegawai bersangkutan.

"Sejauh ini kami belum menerima laporan ada ASN yang mengajukan cuti saat lebaran ataupun sesudah lebaran. Harapannya ya jangan ada yang mengajukan cuti sesuai surat edaran," kata Yeni, Selasa (04/05/2021).

Yeni menegaskan, sesuai surat edaran yang dikeluarkan Menteri PAN-RB yang ditindaklanjutinya dengan surat edaran Bupati Tuba, maka ASN dan keluarganya dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan atau mudik pada periode 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021.

Pegawai ASN juga tidak mengajukan cuti selama periode tersebut.

Baca juga: Selain ASN, Tenaga Honorer di Pemkab Tulangbawang Juga Dapat THR

"Jadi kalau ada yang nekat melanggar ketentuan itu, maka pejabat pembina kepegawaian bisa memberikan hukuman disiplin kepada ASN yang melanggar sesuai ketentuan dalam PP Nomor 53 tahun 2010," papar Yeni.

Dalam surat edaran ini terdapat empat poin penting yang wajib ASN ketahui dan juga diterapkan.

Adapun empat poin tersebut yaitu mengenai aturan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah atau mudik, pembatasan cuti, upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dan disiplin pegawai.

( Tribunlampung.co.id / endra zulkarnain )

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved