Breaking News:

75 Pegawai KPK Dinonaktifkan

Novel Baswedan dan 74 Pegawai KPK Dinonaktifkan: Ketua KPK Sewenang-wenang

Surat Keputusan Penonaktifan 75 pegawai KPK, termasuk Novel Baswedan, yang tak lolos TWK ditandatangani Ketua KPK Firli Bahuri

TRIBUNNEWS.COM/IRWAN RISMAWAN
Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (19/6/2020). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Novel Baswedan dan 74 pegawai KPK yang disebut tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) kini dinonaktifkan.

Surat Keputusan Penonaktifan 75 pegawai KPK, termasuk Novel Baswedan, yang tak lolos TWK dikeluarkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri dan ditetapkan di Jakarta, 7 Mei 2021.

Dalam SK tersebut, terlihat bahwa poin 3 menyatakan bahwa kepada pegawai yang tidak memenuhi syarat TWK menyerahkan tugas kepada atasannya sambil menunggu keputusan lebih lanjut.

Berikut rincian isi SK-nya:

Pertama, menetapkan nama-nama pegawai yang tersebut dalam lampiran surat keputusan ini tidak memenuhi syarat (TMS) dalam rangka pengalihan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara.

Kedua, memerintahkan pegawai sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu agar menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada atasan langsung sambil menunggu keputusan lebih lanjut.

Ketiga, menetapkan lampiran dalam keputusan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan ini.

Baca juga: Status Terkini Bupati Nganjuk yang Kena OTT KPK

Ketua KPK Firli Bahuri saat diwawancarai awak media seusai mengikuti rakor dengan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wali kota se-Lampung di Gedung Pusiban, kompleks Kantor Gubernur Lampung, Kamis (6/8/2020). Ketua KPK Firli Bahuri Pastikan Segera Umumkan Tersangka Baru Kasus Korupsi Lampung Selatan.
Ketua KPK Firli Bahuri saat diwawancarai awak media seusai mengikuti rakor dengan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wali kota se-Lampung di Gedung Pusiban, kompleks Kantor Gubernur Lampung, Kamis (6/8/2020). Ketua KPK Firli Bahuri Pastikan Segera Umumkan Tersangka Baru Kasus Korupsi Lampung Selatan. (Tribunlampung.co.id/Deni Saputra)

Keempat, keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan angkat suara soal beredarnya Surat Keputusan (SK) Pimpinan KPK terkait penonaktifan 75 pegawai yang dinyatakan tak lulus asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

SK tersebut mencantumkan diktum penyerahan tugas dan tanggung jawab ke-75 pegawai yang dinyatakan tak lulus TWK kepada atasan masing-masing.

Halaman
123
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved