Breaking News:

Lebaran 2021

PP Muhammadiyah Keluarkan Surat Edaran Tentang Salat Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19

Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah keluarkan surat edaran tentang ibadah salat Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Ilustrasi umat Islam melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Pengurus Masjid Istiqlal menggelar Salat Tarawih berjemaah pada bulan Ramadan 1442 H dengan pembatasan 30 persen jemaah dari kapasitas masjid dan menerapkan protokol kesehatan. Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah keluarkan surat edaran tentang ibadah salat Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah mengeluarkan surat edaran tentang ibadah salat Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19.

Surat edaran bernomor 03/EDR/I.0/E/2021 tersebut berisi tentang Tuntunan Ibadah Ramadan 1442 H/2021 M.

Dalam surat edaran tersebut, PP Muhammadiyah membolehkan melakukan ibadah salat Idul Fitri di rumah jika kawasannya masih belum bebas dari pandemi Covid-19.

Daerah yang belum aman untuk orang dapat berkumpul diharapkan meniadakan salat Idul Fitri di lapangan dan mengganti di rumah masing-masing.

Sedangkan untuk takbir Idul Fitri boleh dilakukan di masjid dengan melakukan pembatasan jumlah peserta dan penerapan protokol kesehatan dan tidak menganjurkan kegiatan takbir keliling.

Baca juga: Bupati Dendi Ramadhona Salat Idul Fitri di Rumah, Halal Bi Halal Juga Virtual

Berikut isi edaran tersebut:

- Takbir Idulfitri diutamakan dilakukan di rumah masing-masing. Takbir Idulfitri boleh dilakukan di masjid, musala atau langgar dengan syarat tidak ada jamaah di sekitarnya yang terindikasi positif Covid-19, dilakukan pembatasan jumlah orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19 secara disiplin.

Ilustrasi. Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah keluarkan surat edaran tentang ibadah salat Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19.
Ilustrasi. Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah keluarkan surat edaran tentang ibadah salat Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19. (grafis tribunlampung.co.id/dodi kurniawan)

- Kegiatan syiar anak-anak seperti tarawih berjamaah, takjilan, maupun takbiran keliling tidak dianjurkan. Pengajian atau kegiatan syiar lainnya seperti lomba keagamaan untuk anak-anak dapat dilakukan secara daring.

- Salat Idul Fitri bagi masyarakat yang di sekitar tempat tinggalnya ada penularan Covid-19 dapat dilakukan di rumah (lihat surat Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 04/EDR/I.0/E/2020).

Bagi masyarakat yang di sekitar tempat tinggalnya tidak ada penularan Covid-19, salat Idul Fitri dapat dilaksanakan di lapangan kecil atau tempat terbuka di sekitar tempat tinggal dalam jumlah jamaah yang tidak membawa kerumunan besar, dengan beberapa protokol yang harus diperhatikan, yaitu:

Baca juga: Wali Kota Eva Dwiana Salat Idul Fitri di Rumah, Imbau Warga Ikuti Anjuran Pemerintah

Halaman
123
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved