Breaking News:

Universitas Lampung

169 Peserta Mahasiswa Unila Berkompetisi pada Ajang KN MIPA PT 2021

 Bagian Kemahasiswaan Universitas Lampung (Unila) terus mendukung partisipasi dan kiprah mahasiswa pada berbagai ajang kompetisi. Partisipasi tersebut

ist
 Bagian Kemahasiswaan Universitas Lampung (Unila) terus mendukung partisipasi dan kiprah mahasiswa pada berbagai ajang kompetisi. Partisipasi tersebut secara langsung berdampak pada peningkatan prestasi mahasiswa dan perbaikan mutu pendidikan di Kampus Hijau. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bagian Kemahasiswaan Universitas Lampung (Unila) terus mendukung partisipasi dan kiprah mahasiswa pada berbagai ajang kompetisi. Partisipasi tersebut secara langsung berdampak pada peningkatan prestasi mahasiswa dan perbaikan mutu pendidikan di Kampus Hijau.

Salah satu ajang kompetisi mahasiswa yang rutin diikuti mahasiswa Unila adalah Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KN-MIPA-PT) . Kompetisi tahunan bidang eksak ini diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI yang dirintis sejak tahun 2019.

Tahun ini 169 mahasiswa Unila kembali mengikuti KN MIPA PT tahun 2021. Kegiatan diawali tahap seleksi KN MIPA 2021 pertama, tingkat universitas. Seleksi yang dilakukan secara daring ini dibuka resmi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.S.

Dalam sambutannya, Prof. Yulianto mengatakan, bidang ilmu matematika dan IPA merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai masyarakat. Namum kualitas pendidikan MIPA di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah terbilang rendah.

MIPA juga masih belum menjadi bidang favorit masyarakat. Padahal penguasaan MIPA baik bagi siswa maupun mahasiswa mampu mendorong penguasaan iptek dan daya saing bangsa dalam pengembangan serta pemanfaatan sains dan teknologi.

KN MIPA Unila diselenggarakan sebagai ajang seleksi bagi peserta yang akan mengikuti seleksi tingkat regional maupun nasional.

Prof. Yulianto menegaskan, penyeleksian peserta dan penentuan juara akan dilakukan secara lebih objektif, akuntabel, dan transparan sehingga dapat menumbuhkan atmosfer akademik yang kondusif di Unila sebagai institusi berintegritas tinggi dalam mengembangkan ipteks dan penyelenggaraan pendidikan tinggi.

“Saya mewakili segenap pimpinan dan seluruh sivitas akademika Unila mengucapkan terima kasih, khususnya kepada panitia, tim penyusun soal, tim juri KN MIPA Unila, serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Apapun kegiatannya, yang penting prestasi. Selamat berjuang. Selamat berkompetisi,” ujarnya.

Dr. ret. nat. Roniyus Marjunus, S.Si., M.Si., selaku Ketua Panitia KN MIPA Unila 2021 melaporkan, 169 mahasiswa yang mengikuti seleksi KN MIPA Unila berasal dari MIPA 77 orang, FKIP 71 orang, FT 8 orang, FP 7 orang , FK 3 orang, FEB 2 orang, dan FH 1 orang.

Para peserta terdistribusi dalam empat bidang KN MIPA meliputi bidang Biologi 60 orang, Fisika 37 orang, Kimia 29 orang, dan Matematika 43 orang. Hasil seleksi tingkat universitas akan dipilih lima juara dari masing-masing bidang yang akan didaftarkan untuk mengikuti KN MIPA tingkat regional, selanjutnya tingkat nasional.

Pelaksanaan seleksi dilakukan secara daring dipandu oleh Drn. Madi Hartono, M.P., melalui breakout room. Seluruh peserta harus mengikuti dua sesi yang telah disiapkan panitia.

Pada sesi pertama bidang Biologi dimulai pukul 8.45 WIB sampai 12.00 WIB, sedangkan tiga bidang lainnya dilakukan pukul 08.45 WIB hingga 11.00 WIB. Sesi kedua bidang Biologi dimulai pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB. Untuk bidang lainnya dimulai pukul 13.00 WIB hingga 15.15 WIB.

Selama seleksi berlangsung, para peserta diwajibkan menjawab pada lembar jawaban yang telah disediakan panitia, kemudian mengaktifkan kamera untuk mempermudah pengawasan selama kegiatan seleksi berlangsung.

Pembukaan kegiatan ini turut dihadiri para dekan fakultas, kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unila, para wadek bidang kemahasiswaan dan alumni, koordinator bagian dan subkoordinator bagian kemahasiswaan, ketua dan wakil Ketua Badan Pengelola Prestasi Mahasiswa, serta seluruh panitia.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved