Breaking News:

Lampung Utara

Komunitas Peduli Talasemia Lampung Utara Gelar Donor Darah

Komunitas Peduli Talasemia (KPT) Lampung Utara bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia setempat melaksanakan donor darah.

Penulis: anung bayuardi | Editor: Daniel Tri Hardanto
Dok KPT Lampung Utara
Komunitas Peduli Talasemia (KPT) Lampung Utara bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia setempat melaksanakan donor darah, Kamis (17/6/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Komunitas Peduli Talasemia (KPT) Lampung Utara bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia setempat melaksanakan donor darah.

Donor darah tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-75 Kabupaten Lampung Utara di gedung PMI setempat, Kamis (17/6/2021).

Anggota KPT Lampung Utara Nur mengatakan, selain memperingati HUT Lampung Utara, kegiatan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian terhadap anak-anak penderita talasemia.

"Tujuan donor darah ini adalah untuk membantu saudara atau anak-anak kita yang menderita talasemia," kata Nur, mewakili Ketua KPT Lampung Utara Idrus Mustofa.

Baca juga: Idap Talasemia dan Leukemia, Bocah 2 Tahun di Lampung Selatan Butuh Uluran Tangan

Dijelaskannya, anak-anak penderita talasemia di Lampung Utara sebanyak 34 orang.

"Berdasarkan hasil survei sementara, ada 34 anak-anak penderita talasemia, dan tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi. Karena ini hasil survei sementara yang dilakukan oleh tim kita," jelas dia.

Nur mengatakan, KPT Lampung Utara akan terus berupaya semaksimal untuk menyelamatkan anak anak penderita talasemia.

Kepada pemerintah daerah, pihaknya berharap agar lebih peka dan peduli terhadap penerita talasemia.

Dia menjelaskan, talasemia merupakan penyakit kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Baca juga: Kodim 0422/Lampung Barat Gelar Donor Darah di RSUD Alimuddin Umar

"Hingga saat ini pemerintah daerah, khususnya dinas kesehatan, belum ada perhatian sama sekali terhadap penyakit ini. Sekali lagi kami berharap agar pemerintah peduli terhadap anak-anak penderita talasemia ini," pungkasnya.

Ketua TP PKK Lampung Utara Nur Endah Sulastri mengatakan, pihaknya mendukung program KPT.

Dari kegiatan donor darah ini, dia berharap para pendonor dapat menjadi saudara asuh bagi anak-anak penderita talasemia.

"Selain mendonorkan darahnya, saya juga berharap para pendonor agar bersedia menjadi kakak asuh bagi anak-anak penderita talasemia ini," imbuhnya.

( Tribunlampung.co.id / Anung Bayuardi )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved