Breaking News:

Pesisir Barat

Bupati Pesisir Barat Bangun Makam Patih Gajah Mada Jadi Objek Wisata Sejarah

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal akan bangun Makam Patih Gajah Mada jadi objek wisata sejarah, saat ini sudah dibangun jalan menuju makam.

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: Hanif Mustafa
Dok Pemkab Pesisir Barat
Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal beserta rombongan melakukan tinjauan ke lokasi Makam Patih Gajah Mada Pekon Kerbang Langgar, Pesisir Utara, Pesisir Barat, Selasa (27/7/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal berniat bangun Makam Patih Gajah Mada jadi objek wisata sejarah yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Agus Istiqlal bersama rombongan pejabat daerah lainnya melakukan tinjauan ke lokasi Makam Patih Gajah Mada di Pekon Kerbang Langgar, Pesisir Utara, Pesisir Barat.

Agus Istiqlal pada kesempatan tersebut menjelaskan, sebelumnya Pemkab Pesisir Barat telah membangun jalan rabat beton menuju Makam Patih Gajah Mada.

Selanjutnya Pemkab Pesisir Barat berencana membangun fasilitas lain di lokasi Makam Patih Gajah Mada berupa toilet, penginapan, dan pusat kuliner.

"Hal ini dilakukan untuk menjadikan Makam Patih Gajah Mada ini sebagai objek wisata sejarah yang ada di Kabupaten Pesisir Barat," ungkap Agus, Selasa (27/7/2021).

Usai meninjau Makam Patih Gajah Mada, Bupati beserta rombongan berkunjung ke ahli waris (keturunan ke -17) Ahmad Saunan dan Kurdinata yang ada di Pekon Negeri Ratu,  Pesisir Utara, Pesisir Barat untuk melihat benda-benda peninggalan dari Patih Gajah Mada.

Adapun peninggalan tersebut berupa perkakas rumah tangga dan senjata perang.

"Pada benda-benda tersebut terdapat tulisan Jawa Kuno dan terdapat tulisan Arab dengan lafadz 'Lailahaillallah'," ungkap Agus.

Baca juga: Pemkab Pesisir Barat dan Satuan Polisi Pamong Praja Lakukan Bersih-Bersih Pantai Labuhan Jukung

"Berdasarkan bukti tersebut, para ahli waris meyakini bahwa Patih Gajah Mada adalah orang Muslim," sambungnya.

Sebelum meninggalkan kediaman ahli waris Patih Gajah Mada, Agus menyampaikan, dalam waktu dekat ini, Pemkab Pesisir Barat akan mengadakan studi banding ke daerah Jawa Tengah.

"Tujuannya, untuk mempelajari seperti apa bentuk dari kuburan panglima perang yang sangat masyhur itu," terangnya.

"Mengingat Patih gajah Mada adalah orang Jawa," terus dia.

Hasil dari studi banding itu, nantinya akan diterapkan ke makam Gajah Mada yang ada di Pesisir Barat ini. ( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved