Breaking News:

Lampung Timur

Kodim 0429/Lampung Timur Bersama Puskesmas Pasir Sakti Lakukan Tracing di Rejo Mulyo

Puskesmas Pasir Sakti bersama Koramil 429-15/Pasir Sakti Kodim 0429/Lampung Timur melakukan tracing di Desa Rejo Mulyo, dilakuan swab antigen juga.

Penulis: Yogi Wahyudi | Editor: Hanif Mustafa
Dokumentasi Kodim Lampung Timur
Puskesmas Pasir Sakti Lakukan Antigen Warga Kontak Erat Dengan Pasien Covid-19 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TIMUR - Puskesmas Pasir Sakti bersama Koramil 429-15/Pasir Sakti Kodim 0429/Lampung Timur melakukan tracing dan swab antigen kepada warga yang kontak erat dengan pasien terpapar Covid-19.

Tracing dan swab antigen tersebut dilakukan di Desa Rejo Mulyo, Pasir Sakti, Minggu (1/8/2021).

Kepala UPTD Puskesmas Pasir Sakti, dr Siswo Utomo menyampaikan, swab antigen kepada warga yang kontak erat terhadap pasien Covid-19 adalah dalam rangka memutus penyebaran virus. 

"Jika hasil dinyatakan positif, maka yang bersangkutan harus melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan yang ketat," ujarnya. 

Ia juga mejelaskan, rapid antigen kepada kontak erat bertujuan untuk mendeteksi virus corona dengan memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu hanya dalam waktu 15 menit. 

"Tes antigen sendiri merupakan tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini," tuturnya. 

“Alhamdulillah setelah kita lakukan swab antigen, 8 orang yang kontak erat semuanya negatif. Tetapi kita minta agar tetap melakukan isolasi mandiri. Apabila di kemudian hari ada gejala atau indikasi, segera hubungi saya,” lanjut dr Siswo.

Babinsa Koramil 429-15/Pasir Sakti Kodim 0429/Lampung Timur Serma Usman meminta kepada keluarga, kerabat dan tetangga yang pernah kontak erat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, kapanpun dan dimanapun berada.

Baca juga: BPBD Lampung Timur Ingatkan Ancaman Covid-19 Kluster Keluarga

“Intinya jika sudah dinyatakan negatif, ya pasien sudah bebas dari Covid-19, Jangan dijauhi apalagi dicemooh, mari tetap kita berikan dukungan untuk mereka,” ungkapnya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati dengan selalu disipilin protokol kesehatan, rajin berolahraga, konsumsi makanan bergizi dan bervitamin serta tingkatkan iman serta imun tubuh," tutupnya. ( Tribunlampung.co.id / Yogi Wahyudi )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved