Syarat Nikah

Aturan Nikah di Masa Penerapan PPKM Level 4 di Lampung

Simak berikut ini, aturan nikah di masa penerapan PPKM level 4 yang berlangsung di Jawa-Bali dan sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Lampung.

Tribun Sumsel
Ilustrasi. Simak berikut ini, aturan nikah di masa penerapan PPKM level 4 yang berlangsung di Jawa-Bali dan sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Simak berikut ini, aturan nikah di masa penerapan PPKM level 4 yang berlangsung di Jawa-Bali dan sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Lampung.

Termasuk juga, simak syarat nikah dan cara daftar nikah online via simkah.kemenag.go.id Tahun 2021.

Pemerintah sudah menerapkan PPKM darurat yang kemudian turun menjadi PPKM level 4 dan 3, untuk menahan sebaran Covid-19. Penerapan tersebut juga berimbas pada pelayanan nikah di kantor urusan agama atau KUA.

Kementerian Agama pun telah mengeluarkan edaran tentang pelayanan nikah di masa penerapan PPKM darurat.

Merujuk SE Nomor: P-002/DJ.III/Hk.007/07/2021 tentang Petunjuk Teknis Layanan Nikah pada KUA Kecamatan pada Masa PPKM Darurat, ada sejumlah poin yang ditekankan.

Berikut ini penjelasan mengenai pelayanan nikah saat PPKM darurat, termasuk syarat nikah dan cara daftar nikah online via simkah.kemenag.go.id Tahun 2021.

Baca juga: Syarat Numpang Nikah Wanita dan Cara Dapatkan Buku Nikah Wanita Tahun 2021

Simak, poin-poin yang ditekankan seperti dikutip dari laman bimasislam.kemenag.go.id.

Ketentuan umum pelayanan nikah:

1. Pelayanan Nikah pada KUA Kecamatan selama masa pandemi Covid-19 maupun di saat pemberlakuan PPKM darurat berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. KUA Kecamatan di wilayah yang tidak memberlakukan PPKM Darurat mengikuti ketentuan yang diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor P- 006/DJ.III/Hk.007/06/2020 tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid.

Ketentuan khusus pelayanan nikah:

KUA di wilayah yang memberlakukan PPKM darurat sesuai dengan penetapan pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah, berlaku ketentuan sebagai berikut:

1. Seluruh pegawai KUA Kecamatan yang bekerja di kantor (Work From Office) paling banyak 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah pegawai;

Baca juga: Syarat Numpang Nikah Pria dan Cara Dapatkan Buku Nikah Pria Tahun 2021

2. Waktu layanan KUA Kecamatan mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 waktu setempat;

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved