Breaking News:

Lampung

Atasi Kelangkaan Tabung Oksigen, Lampung Sudah Punya 496 Oksigen Konsentrator

emprov Lampung terus bergerak cepat memenuhi kebutuhkan oksigen buat pasien Covid-19. Hingga saat ini, Lampung sudah memiliki 496 alat oksigen konsent

Penulis: Advertorial Tribun Lampung | Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
pemprov Lampung terus bergerak cepat memenuhi kebutuhkan oksigen buat pasien Covid-19. Hingga saat ini, Lampung sudah memiliki 496 alat oksigen konsentrator. 

TRIBUNLAMPUNG.COID, BANDARLAMPUNG - Pemprov Lampung terus bergerak cepat memenuhi kebutuhkan oksigen buat pasien Covid-19. Hingga saat ini, Lampung sudah memiliki 496 alat oksigen konsentrator.

“Dengan alat tersebut, pasien kategori ringan dan sedang yang terkena Covid-19 tak perlu lagi tergantung tabung oksigen,” kata Kadis Kesehatan Lampung Reihana, Senin (23/8/2021).

Pemprov Lampung telah menerima peralatan untuk pasien yang membutuhkan oksigen tersebut secara bertahap sejak awal Juli 2021. “Kita terus berjuang agar pasien Covid-19 terpenuhi kebutuhan oksigennya,” katanya.

Terakhir, kata Reihana, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima bantuan oksigen dari Tanoto Foundation untuk penanganan Covid-19 berupa 77 alat oksigen konsentrator untuk 10 rumah sakit se-Lampung.

Sebelumnya, 409 sudah didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit se-Lampung.

“Untuk pasien berat yang tetap membutuhkan oksigen oksigen cair (liquid),” katanya.
Peralatan oksigen konsentrator tersebut berasal dari Kemenperindustrian 100 unit, dari Kemenkes I sebanyak 79 unit, dan dari kemenkes II sebanyak 70 unit.
Sedangkan rencana distribusi dari Kemenkomarves Dikirim ke IFKA sebanyak ukuran 5 liter sebanyak sebanyak 50 dan ukuran 10 liter sebanyak 10 unit.
Sementara dari Kemenperindustrian tahap II 100 unit sehingga totalnya mencapai 409 unit.

Baca juga: UM Metro Raih PTS No 1 di Sumatera Versi Kemdikbudristek 2020

Oksigen konsentrator adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan oksigen dengan orang yang memiliki gangguan pernapasan. Orang dengan kadar oksigen dalam darahnya di bawah batas normal biasanya membutuhkan alat ini.

Udara mengandung nitrogen sekitar 78 persen, 21 persen oksigen, dan 1 persen gas lain. Oksigen konsentrator mengambil udara ini dan menyaring nitrogen melalui saringan. Lalu alat ini melepaskan nitrogen kembali ke udara dan memastikan pemakainya menghirup udara yang mengandung oksigen murni.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved