Breaking News:

Pesisir Barat

Pemkab Pesisir Barat Lampung Bahas Persiapan Eliminasi Malaria Tahun 2021

Pemkab Pesisir Barat menggelar Pertemuan Lintas Sektor Persiapan Eliminasi Malaria Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021 di Aula Hotel Sartika

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: soni
dokumentasi
Pertemuan Lintas Sektor Persiapan Eliminasi Malaria Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021 di Aula Hotel Sartika, Pekon Seray, Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Rabu (1/9/2021). 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Pemkab Pesisir Barat menggelar Pertemuan Lintas Sektor Persiapan Eliminasi Malaria Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021 di Aula Hotel Sartika, Pekon Seray, Pesisir Tengah, Pesisir Barat.

Asisten 3 Pemkab Hasnul Abror menyampaikan, hingga saat ini malaria menjadi masalah kesehatan di Indonesia. 

"Malaria termasuk ke dalam penyakit menular tropis (tropical diseases) yang banyak terdapat di negara-negara beriklim tropis," ujar Abror mewakili Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Rabu (1/9/2021).

Secara global, lanjut dia, Pemerintah Pusat telah menyatakan komitmennya dalam menanggulangi penyakit malaria ini.

"Di mana, Indonesia menargetkan terbebas dari malaria dan eliminasi malaria secara nasional tercapai pada 2030," kata Abror.

Baca juga: Waspada Penyakit Malaria, Kenali Gejala, Cara Obati dan Mencegah Malaria

Abror beranggapan, untuk mewujudkan Kabupaten Pesisir Barat bebas malaria, bukan hanya menjadi tugas dari sektor kesehatan.

"Tentunya diperlukan kerja sama lintas sektor untuk mencapai tujuan tersebut," anggapnya.

Ia mencontohkan, misalnya, dukungan kegiatan melalui dana desa, pembangunan wilayah kabupaten, pembangunan sektor pariwisata yang ramah lingkungan, dan pengawasan kepada para pelaku wisata baik domestik maupun mancanegara, tidak serta-merta dapat dilakukan tanpa adanya koordinasi dan pemahaman yang sama seluruh pemangku kebijakan.

Abror menghendaki, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan gambaran atas usaha yang telah dilakukan pihaknya.

"Semoga dengan ini kita dapatkan gambaran atas usaha yang telah dilakukan dan hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan bersama ke depan," harapnya.

"Sehingga target eliminasi malaria di Kabupaten Pesisir Barat pada tahun 2023 dapat tercapai," tutup Abror. ( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved