Breaking News:

Mesuji

BLK Sabilun Najah Mesuji Lampung Berikan Pelatihan Desain Grafis

Menurut Kepala BLK Sabilin Najah Munawir, sejak berdiri pada Oktober 2020, pihaknya fokus melakukan pelatihan di bidang desain grafis.

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Rangga Yusuf
Kepala BLK Sabilun Najah Munawir menunjukkan miniatur desain grafis hasil binaan BLK. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Balai Latihan Kerja (BLK) Sabilun Najah yang berada di Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, dibangun oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Menurut Kepala BLK Sabilin Najah Munawir, sejak berdiri pada Oktober 2020, pihaknya fokus melakukan pelatihan di bidang desain grafis.

"Untuk jadwal pelatihan desain grafis dilakukan dari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Membahas desain grafis packaging produk makanan UMKM Mesuji," ujarnya, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, di Kabupaten Mesuji masih banyak kemasan produk UMKM yang belum miliki branding.

Baca juga: Vaksinasi Serentak di Mesuji Timur Lampung, Targetkan 500 Peserta per Puskesmas

Selain desain grafis kemasan produk UMKM, BLK Sabilun Najah juga mempelajari desain sablon baju.

Selanjutnya, kata dia, di BLK Sabilun Najah ini sudah dua angkatan yang melakukan pelatihan desain grafis.

Untuk satu angkatannya terdiri 16 anggota, sehingga sudah 32 anggota yang lulus pelatihan di BLK Sabilun Najah ini.

"Untuk saat ini akan dibuka satu angkatan lagi yang berjumlah 16 orang, dan dalam satu bulan pelatihan para anggota tersebut dinyatakan lulus," jelasnya.

Munawir mengungkapkan berdasarkan alumni yang sudah ada, setelah lulus dari BLK Sabilun Najah ini banyak alumni membuka usaha sendiri seperti percetakan, jasa foto prewedding dan sablon baju.

Serta usaha makanan karena sudah merasa punya keahlian membuat packaging.

Kepala Bidang Bimbingan Latihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binatpenta) Disnakertrans Kabupaten Mesuji Samsi mengatakan, pelatihan desain grafis di BLK Sabilun Najah sangat bermanfaat untuk menambah kompetensi sumber daya manusia (SDM), hingga nantinya memiliki keterampilan yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan.

Sebab, kata Samsi, sebelum mendaftarkan diri ikut pelatihan design grafis di BLK Sabilun Najah, para peserta pelatihan akan diwajibkan membuat kartu kuning di website Disnakertrans Kabupaten Mesuji.

"Jadi diharapkan ketika nanti sudah melakukan pelatihan desain grafis di BLK ini dan dinyatakan lulus. Mereka dapat menambahkan dan mengupdate keahlian atau skill diprofil pelamar kerja yang disediakan oleh website Disnakertrans Mesuji," paparnya.

"Karena lowongan kerja di website, berdasarkan kualifikasi profil keahlian masing-masing. Jadi lulus SMA terampil desain grafis, office, segala macem kita hubungkan kepada perusahaan yang membutuhkan kualifikasi tersebut," sambungnya. 

( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved