Breaking News:

Tanggamus

Pemkab Tanggamus akan Usulkan Normalisasi Sungai Way Liwok ke Pemprov Lampung dan Pusat

Kerap terjadi banjir di wilayah Kecamatan Wonosobo, Pemeritah Kabupate Tanggamus usulkan adanya penanganan normalisasi sugai Way Liwok.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Rapat pembahasan tentang penanganan banjid di Wonosobo, Tanggamus. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,  TANGGAMUS – Kerap terjadi banjir di wilayah Kecamatan Wonosobo, Pemeritah Kabupate Tanggamus usulkan adanya penanganan normalisasi sugai Way Liwok ke Pemerintah Provinsi Lampung dan pusat.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus, Hamis Heriansyah Lubis, usai meninjau lokasi banjir di wilayah Kecamatann Wonosobo.

Menurutnya, penanganan aliran sungai Way Liwok masuk ke penanganan jangka panjang.

“Kita akan usulkan adanya penanganan normalisasi pada aliran sugai ke pemprov dan juga ke pusat,” ujar Lubis, Selasa (21/9/2021).

Untuk tanggap bencana, lanjutnya, pemkab Tanggamus akan segera mendirikan dapur umum guna membantu korba terdampak banjir. Karena, akibat banjir banyak perabotan rumah tangga warga yang rusak dan hilang.

Baca juga: Banjir Genangi 5 Pekon di Kecamatan Wonosobo Lampung, Terparah Pekon Way Liwok

Tak hanya posko dampur umum, pemkab Tanggamus juga membuka posko kesehatan, menurukan mobil damkar untuk membersihkan lumpur di jalan, sekolahan dan pondok pesantren.

"Kami akan membantu bidang pendidikan melalui dinas pendidikan tentang penanganan buku-buku yang basah, rusak, dan Diadukcapil untuk mengecek adminduk warga yang rusak atau hilang akibat banjir," kata Lubis menambahkan.

Ia juga meminta kepada kepala pekon untuk segera melakukan pendataan warga yang terdampak banjir.

Lubis juga mengingatkan warga untuk tetap waspada dengan kemungkinan potensi banjir susulan.

“Kita berharap dan berdoa, tidak ada banjir susulan. Tapi, kita tetap perlu waspada untuk kemungkinan hal itu terjadi,” ujar Lubis. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved