Breaking News:

Lampung Tengah

Polsek Gunung Sugih Lamteng Ringkus Pencuri Sawit 

Polsek Gunung Sugih tangkap satu orang pelaku pencurian buah sawit di PT PAM, Kecamatan Gunung Sugih. Polisi amankan 14 tandan buah sawit

Penulis: syamsiralam | Editor: soni
dokumentasi
Pelaku Pepen diamankan Polsek Gunung Sugih. 

  
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNGTENGAH - Polsek Gunung Sugih tangkap satu orang pelaku pencurian buah sawit di PT PAM, Kecamatan Gunung Sugih. Polisi amankan 14 tandan buah sawit 

Kepolsek Gunung Sugih Iptu Wawan Budiarto mewakili Kapolres AKBP Oni Prasetya mengatakan, pelaku yang diamankan yakni Pepen (30) warga Kampung Terbanggi Subing, Kecamatan Gunung Sugih.

Pelaku Pepen diamankan, Minggu (26/9) lalu, saat berada di di areal PT PAM, dan sedang memetik buah sawit di tempat kejadian perkara.

"Penangkapan pelaku Pepen bermula dari kecurigaan Security PT PAM yang sedang berpatroli saat itu di areal perkebunan," kata Iptu Wawan Budiarto, Minggu (3/10).

Baca juga: Polsek Terusan Nunyai Tangkap Pencuri Sawit di PT GMP Lampung Tengah

Wawan mengatakan, Security kemudian berpatroli dan melihat ada seseorang sedang berada di areal dalam PT PAM dan terlihat sedang memetik buah sawit sebanyak 14 tandan.

"Pelaku diamankan pihak Security PT PAM, kemudian pihak Security melapor ke Polsek Gunung Sugih, dan akhirnya pelaku diamankan untuk dilakukan pemeriksaan," katanya.

Keterangan pelaku Pepen dirinya mengakui melakukan aksi pencurian buah sawit di areal PT PAM. Menurutnya, ia masuk dengan cara merusak pagar pembatas kebun.

"Saya cari pohon sawit yang ada buahnya. Kemudian sawit dipetik dengan menggunakan egrek (alat pengait buah sawit)," jelas Pepen.

Setelah buah sawit dipetik, lalu buah sawit dikumpulkan di salah salah satu tempat di areal perkebunan dan kemudian diangkut dengan menggunakan satu unit kendaraan roda empat.

Dari lokasi kejadian polisi mengamankan barang bukti 14 tandan buah sawit yang telah dipetik dari pohonnya, satu unit mobil Suzuki Carry Pick Up dengan nomor polisi BE 9604 GM warna hitam yang didalamnya telah berisikan sawit hasil curian.

Sebanyak 14 tandan buah sawit, satu bilah senjata tajam jenis golok, satu unit egrek (alat panen sawit) yang berada di belakang pagar PT PAM.

Atas kejadian tersebut, pelaku Pepen dijerat dengan Pasat 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun penjara.( Tribunlampung.co.id / Syamsir Alam )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved