Breaking News:

Lampung Barat

Kebun Tebu Lampung Barat Kini Punya Rumah Baca

Selain peresmian lamban baca, juga dilaksanakan sosialisasi pendidikan dengan mengangkat tema 'Pendidikan yang Baik adalah Pondasi untuk Masa Depan'.

Istimewa
Peresmian Lamban Baca Cekdam Pulau Manggis Kebun Tebu di Pekon Sinar Luas, Kecamatan Kebun Tebu, Lampung Barat, Rabu (6/10/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat meresmikan Lamban (Rumah) Baca Cekdam Pulau Manggis Kebun Tebu yang terletak di Pekon Sinar Luas, Kecamatan Kebun Tebu, Lampung Barat, Rabu (6/10/2021).

Selain peresmian lamban baca, juga dilaksanakan sosialisasi pendidikan dengan mengangkat tema 'Pendidikan yang Baik adalah Pondasi untuk Masa Depan'.

"Saya mewakili Ibu Ketua menyampaikan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah menggagas adanya lamban baca di Pekon Sinar Luas," kata Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi Tim GLD Lampung Barat Duta Suhanda, mewakili Ketua Tim GLD Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus.

"Semoga minat baca masyarakat semakin meningkat dan wisatanya juga turut maju, sehingga literasi untuk kesejahteraan masyarakat bisa terwujud sesuai dengan komitmen Bapak Bupati," sambung Duta.

Baca juga: Biodata Suho EXO, Baca Buku Saat Stres

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan meresmikan dan meninjau satu lamban baca di Cekdam Pulau Manggis.

Lamban baca ini didirikan di tengah Pulau Cekdam, yakni lahan pekon yang kini mulai digarap sebagai destinasi wisata.

Kemudian agenda berlanjut ke sesi sosialisasi literasi pendidikan dengan Koordinator Bidang Penumbuhan Minat Baca Tim GLD Lampung Barat Jansje B J Keseh sebagai pemateri.

"Literasi terdiri dari tiga ruang lingkup, yaitu literasi keluarga, literasi sekolah, dan literasi masyarakat," papar Keseh saat menyampaikan sosialisasi.

Sebagai upaya untuk memotivasi masyarakat untuk meningkatkan minta di bidang literasi, Tim GLD Lampung Barat membagikan paket literasi yang terdiri dari tas literasi PM, alat tulis, buku, dan tumbler.

Anggota Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Dimas Prayogi turut menyampaikan pendapatnya terkait dengan kegiatan peresmian lamban baca sekaligus sosialisasi literasi pendidikan.

"Cara terbaik untuk meningkatkan kualitas, karakter, kompetensi, dan kesejahteraan hidup seseorang adalah dengan menanamkan budaya literasi, membaca, berpikir, dan berkreasi," terang Dimas.

Acara yang digagas Himpunan Mahasiswa Sipil UMM ini dihadiri juga oleh Camat Kebun Tebu Ernawati, Babinkamtibmas, Peratin (Kepala Pekon) Sinar Luas, Ketua dan Kader PKK Pekon Sinar Luas, anak-anak usia sekolah dasar, dan masyarakat setempat.

( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved