Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Peribahasa dan Contohnya

Istilah peribahasa seringkali terdengar dalam keseharian. Namun apa itu peribahasa? Berikut penjelasan selengkapnya.

Penulis: Virginia Swastika | Editor: Hanif Mustafa
Pixabay/Anne Karakash
Ilustrasi, simak apa itu peribahasa, berikut penjelasan selengkapnya. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Dalam bahasa Indonesia, istilah peribahasa menjadi satu di antara bahasa materinya. Lalu apa itu peribahasa?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, dan perumpamaan).

Selain itu, peribahasa adalah ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Edwar Djamaris dalam Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik (1984), peribahasa tidak saja merupakan mutiara bahasa, bunga bahasa, tetapi juga suatu kalimat yang memberikan pengertian yang dalam, luas, tepat, disampaikan dengan halus dan dengan kiasan.

Harimurti Kridalaksana dalam Kamus Linguistik (1993) menjelaskan peribahasa adalah kalimat atau penggalan kalimat yang bersifat turun menurun, digunakan untuk menguatkan maksud karangan, pemberi nasihat, pengajaran atau pedoman hidup.

Baca juga: Apa Itu KPK dan FPB dalam Pelajaran Matematika

Dikutip dari Kumpulan Majas, Pantun dan Peribahasa plus Kesusasteraan (2014) karya Ernawati Waridah, peribahasa adalah kalimat atau kelompok kata yang tetap susunannya dan mengandung satu maksud tertentu.

Fungsi Peribahasa

Peribahasa mempunyai beberapa fungsi sosial, di antaranya:

1. Memberikan nasihat.

2. Pengamatan terhadap dunia dan keadaan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved