Breaking News:

Kota Metro

PPKM di Metro Lampung Kini Turun Jadi Level I

Kota Metro mengalami penurunan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi level 1."Iya betul. Berdasarkan penilaian pemerintah pus

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
tribun lampung/ Indra Simanjuntak
Wali Kota Wahdi saat wawancara penurunan PPKM level I 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kota Metro mengalami penurunan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi level 1.

"Iya betul. Berdasarkan penilaian pemerintah pusat, Metro mengalami penurunan PPKM dari level 2 menjadi level 1. Penurunan level ditetapkan berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 54 tahun 2021," ujarnya saat dikonfirmasi awak media, Selasa (19/10/2021).

Dijelaskannya, penurunan level berdasarkan pada sejumlah paramater. Pertama terkait protokol kesehatan (prokes). Kedua berdasarkan jumlah kasus per 100 ribu penduduk Metro pada level satu. Selanjutnya jumlah perawatan per 100 ribu jiwa juga pada level satu.

Baca juga: Pemkot Metro Lampung Kejar Capaian Vaksinasi, Targetkan PPKM level I

"Ada sekitar enam parameter. Pada kasus kematian kita juga pada level satu. Penilaian juga dilakukan pada respon atau bagaimana tanggap suatu pemerintah yang dinilai dari positivyrate," katanya lagi.

Dimana angka positivyrate pada tiga bulan ke belakang Metro berada pada di bawah 5 persen. "Nah ini yang harus kita pertahankan. Kita khawatirkan adalah BOR. Maka kita pertahankan juga untuk bed di rumah sakit supaya jangan sampai naik," ungkapnya.

Ia mengaku, saat ini BOR empat rumah sakit rujukan di Metro sangat rendah sekali kisaran 3 persen. Dimana sebelumnya mencapai 83 persen. Penilaian juga dilakukan pada capaian vaksinasi di Kota Metro. 

Untuk penilaian level 2 dan 1 angka vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dari sasaran. Kemudian juga dilihat vaksin lansia. Jika vaksin lansia pada titik 40 persen, maka tetap berada pada level 2. 

Ia menambahkan, capaian vaksinasi di Metro yang cukup tinggi berkat upaya bersama. "Alhamdulillah bisa kita lihat di vaksin.menkes.go.id. Tentu berkat semua gerakan serentak, Fokorpimda, Ormas, Orpol dan semuanya," tuntasnya. 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved