Breaking News:

Mesuji

Pemkab Mesuji Lampung Raih Juara 1 Penampil Terbaik Bazaar Pangan Lokal UMKM

Kabupaten Mesuji meraih juara 1 penampil terbaik Bazar Pangan Lokal UMKM dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS)

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Reny Fitriani
Dokumentasi
Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji, Nelly Wati. Pemkab Mesuji Lampung Raih Juara 1 Penampil Terbaik Bazaar Pangan Lokal UMKM 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Kabupaten Mesuji meraih juara 1 penampil terbaik Bazaar Pangan Lokal UMKM dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41, Rabu (27/10/2021).

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Kebun PKK Agropark, Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua TP PKK Kabupaten Mesuji, Nelly Wati mengaku bangga dan bersyukur atas penghargaan yang diraih.

"Ini membuktikan bahwa produk pangan lokal olahan UMKM kita di Mesuji sangat bisa bersaing dan diterima oleh pasar khususnya di Provinsi Lampung dan produk pangan lokal kita memiliki potensi yang layak dikembangkan," ujarnya.

Kesempatan yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji Gunarso, ia mengucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini.

Selanjutnya, Gunarso menyebut prestasi yang diraih saat ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, khususnya para Gapoktan, KWT, pelaku UMKM, dan perangkat daerah terkait.

"Selain itu juga dari binaan TP PKK Kabupaten Mesuji, dan semoga ini bisa menjadi penyemangat para pelaku UMKM di Kabupaten Mesuji untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi olahan pangan yang dijalankan di Kabupaten Mesuji" paparnya.

Lebih lanjut, Gunarso menjelaskan, lomba Bazar UMKM ini diikuti oleh UMKM sektor pangan di 15 Kabupaten atau Kota Se-Provinsi Lampung.

Untuk Kabupaten Mesuji sendiri menampilkan aneka produk pangan lokal baik segar maupun olahan produk asli Mesuji.

Baca juga: Bocah 6 Tahun Ngemis di Jalan, Dinas PPPA Mesuji Lampung Imbau Warga Tidak Beri Uang

"Untuk pangan segar, menampilkan beras merah dan beras organik dari Koperasi Mesuji Agro Lestari di Desa Wonosari, tiwul dan oyek dari KWT di Desa Adikarya Mulya,  sementara buah segar menampilkan jeruk chokun asal Desa Wirajaya," jelasnya.

Lalu, belimbing organik Mesuji (BOM) yang di budidayakan di Desa Gedung Mulya, serta kelapa pandan wangi dari kebun buah di Desa Wiralaga I.

Sedangkan untuk pangan olahan, Kabupaten Mesuji menampilkan aneka olahan ikan sungai. Seperti ikan asin gabus, ikan asap, terasi, kerupuk, kemplang, akar kelapa, kue semprong, patin krispi, keripik dan rendang kangkung.

"Serta olahan lainnya dari beberapa kelompok pengolah pemasar (poklahsar) binaan Dinas Perikanan, Dinas Koperindag dan Dinas Ketahanan Pangan," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id /M Rangga Yusuf)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved