Breaking News:

Metro

UMK Metro 2022 Belum Ditetapkan, Begini Kata Disnakertrans

Penetapan UMK akan dilakukan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan dan dimungkinkan akan mengalami kenaikan.

Shutterstock
Ilustrasi - Disnakertrans Metro belum menetapkan besaran Upah Minimum Kota (UMK) 2022. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Metro belum menetapkan besaran Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2022.

"Belum ditetapkan, karena besok kami baru akan melakukan rapat untuk membahas penetapan UMK bersama Dewan Pengupahan," ujar Kabid Ketenagakerjaan Disnakertrans Kota Metro Melidarti Djayasinga didampingi Kasi Pembinaan Hubungan Industrial Kristanto Priyadi, Selasa (23/11/2021).

Dijelaskannya, penetapan UMK akan dilakukan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan dan dimungkinkan akan mengalami kenaikan.

Namun, untuk besaran kenaikan tetap mengacu pada hasil rapat dan penetapan upah minimum.

"Perhitungan besarannya dari hasil rapat bersama Dewan Pengupahan. Dan tentu melalui kaidah-kaidah yang berlaku. Bagi daerah kabupaten/kota yang pernah memiliki upah minimum, maka mekanismenya tidak boleh melebihi batas bawah dan atas," imbuhnya.

Baca juga: UMK Bandar Lampung 2021 Rp 2,7 Juta, Disnaker: Belum Ada Pengusaha Minta Penangguhan UMK

Dijelaskannya, perhitungan tetap  menggunakan rumus penetapan upah minimum. Adapun kenaikan melihat pada formula perhitungan saat rapat Dewan Pengupahan. Namun, pihaknya berupaya penetapan UMK naik dengan tetap menyesuaikan kondisi yang ada.

"Kalau memang formula naik, bisa jadi UMK juga naik. Dan ini kan yang menetapkan provinsi sebagai perwakilan pemerintah pusat. Ya kemungkinan jumat besok kita sudah tahu berapa kenaikan UMK Metro tahun 2022," bebernya.

Ia menambahkan, tahun 2021 UMK Metro sebesar Rp 2.433.381,04.

Berdasarkan angka tersebut, pihaknya menilai dimungkinkan UMK Metro akan kembali mengalami kenaikan.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved