Breaking News:

Tanggamus

APBD Tanggamus 2022 Defisit Rp 70 Miliar

Rapat dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan bersama para wakil ketua dan dihadiri para anggota dewan.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Penandatanganan perda hasil pembahasan APBD Tanggamus 2022 di ruang rapat paripurna DPRD Tanggamus, Selasa (30/11/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - DPRD Tanggamus menggelar rapat paripurna pengesahan APBD 2022 dan raperda tentang kerja sama daerah serta pemilihan kepala pekon.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan bersama para wakil ketua dan dihadiri para anggota dewan.

Dari pihak eksekutif, hadir Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wabup AM Syafi'i dan kepala OPD.

Juru bicara Badan Anggaran DPRD Tanggamus Didik Setiawan menyampaikan, rancangan APBD tahun 2022 terdiri dari pendapatan daerah Rp 1,864 triliun lebih dan belanja daerah Rp 1,934 triliun.

Baca juga: APBD Pesawaran 2022 Fokus Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Dari komposisi tersebut, terdapat defisit Rp 70 miliar.

"Defisit kemudian ditutupi dari pembiayaan daerah Rp 70 miliar sehingga sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan Rp 0," kata Didik.

Ia menyarankan agar dalam penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) turut memperhatikan pokok pikiran anggota DPRD Tanggamus dan penjaringan aspirasi masyarakat (reses).

"Kemudian diupayakan efektifitas dan efesiensi, meningkatkan kinerja organisasi perangkat daerah. Sehingga target pemerintah daerah dalam rangka wujudkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud," ujar Didik.

Menurut Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menyampaikan, APBD 2022 disusun dan disesuaikan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan kemampuan keuangan daerah.

Baca juga: Presiden Jokowi Tegur Bobby Nasution Akibat Rp 1,8 Triliun APBD Medan Mengendap di Bank

"Ini disesuaikan dengan visi dan misi pembangunan yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023, dan menyesuaikan program pemerintah pusat serta Pemrov Lampung," ujar Dewi.

Ia menambahkan ini merupakan tahun keempat dari pelaksanaan RPMJD dalam raperda tentang APBD Tanggamus tahun 2022 di dalamnya telah tersusun struktur APBD terdiri pendapatan, belanja maupun pembiayaan.

Ketua Badan Legislasi Daerah DPRD Yoyok Sulistyo menyampaikan raperda perubahan perda tentang kerjasama daerah dan pemilihan, pengangkatan pemberhentian kepala pekon.

"Dalam pelaksanaan pemilihan kepala pekon perlu memperjelas norma terkait kepanitiaan, surat suara sah dan surat suara tidak sah, untuk menghindari permasalahan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala pekon," ujar Yoyok.

Ia menegaskan, untuk itu perlu menetapkan peraturan daerah tentang perubahan ketiga atas Peraturan Daerah nomor 5 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan/Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Pekon.

( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved