Breaking News:

Universitas Terbaik Sumatera

Kuswono Dosen UM Metro Jelaskan Konferensi Muhammadiyah Daerah Lampung-Palembang 1941

Kuswono : Konferensi Muhammadiyah Daerah Lampung-Palembang dan Fond Muhadjirin Kolonisatie 1941

ist
Kuswono : Konferensi Muhammadiyah Daerah Lampung-Palembang dan Fond Muhadjirin Kolonisatie 1941 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Di tengah aktivitas mengajar akhir tahun 2021 saya mendapatkan tawaran Majalah Suara Muhammadiyah (Soeara Muhammadijah) terbitan Tahun 1941 dari seorang teman di facebook, Kuswono Dosen Sejarah UM Metro.

Sebagai pecinta sejarah ketika ditawarkan majalah Suara Muhammadiyah yang usianya cukup lama tentu memiliki keinginan besar untuk memilikinya walaupun harga yang ditawarkan cukup mahal.

Lagi pula secara emosional saya bekerja pada amal usaha milik Muhammadiyah cukup tertarik mengumpulkan, menelusuri berbagai sumber terkait dengan Muhammadiyah.

Awalnya belum terbanyangkan mengenai isi dari majalah Suara Muhammadiyah tahun 1941, yang jelas dengan sudah memilikinya saja merupakan suatu hal yang istimewa ditengah sulitnya mencari sumber-sumber sejarah tentang Muhammadiyah di daerah Lampung.

Rupanya majalah suara Muhammadiyah tahun 1941 dijilid rapi dengan sampul hardcover. Isinya terdiri terdiri dari 12 buah majalah. Suara Muhammadiyah masa itu terbit setiap bulan dimulai bulan Februari 1941 sampai dengan Januari 1942. Setelah dibuka isinya banyak mengulas mengenai laporan kegiatan dari berbagai daerah Muhammadiyah, disamping kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Muhammadiyah pusat.

Ketika suara Muhammadiyah 1941 sudah diterima hal pertama yang dicari adalah berita kegiatan Muhammadiyah di Lampung. Tentu ini menjadi perioritas saya sebagai bagian dari persyarikatan Muhammadiyah di Lampung. Sungguh kegembiraan luar biasa dari hasil penelusuran ini ditemukan beberapa tema terkait kegiatan Muhammadiyah di Lampung.

Berita Kegiatan itu terkait konferensi Muhammadiyah Daerah Lampung dan Palembang ke-10 yang dilaksanakan di Negara Batin Teluk Semangka. Kemudian ada juga pemberitaan mengenai Fonds Muhadjirin Kolonisasi.

Konferensi Muhammadiyah Daerah Lampung dan Palembang

Mengenai pemberitaan Muhammadiyah di Lampung dalam majalah Muhammadiyah tahun 1941 yakni pertama Muhammadiyah Lampung tahun 1941 masih bergabung dengan daerah Palembang nama resminya adalah Muhammadiyah daerah Lampung dan Palembang.

Kedua, tahun itu Lampung menjadi tuan rumah dilaksanakannya konferensi Muhammadiyah daerah yakni Konferensi Muhammadiyah Daerah Lampung dan Palembang tahun 1941 tepatnya diadakan di Negara Batin, Teluk Semangka (saat ini masuk wilayah Kabupaten Tanggamus).

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved