Breaking News:

Lampung Selatan

Dinkes Lampung Selatan Belum Laksanakan Vaksin Booster, Tunggu Juknas dan Juknis

Dinkes Lampung Selatan masih menunggu Juknas dan Juknis dari pemerintah pusat terkait vaksin booster, vaksin booster belum bisa dilaksanakan sekarang

Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus
Kepala Bidang Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juknas) dan petunjuk tekni (Juknis) dari pemerintah pusat terkait vaksin booster. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juknas) dan petunjuk tekni (Juknis) dari pemerintah pusat terkait vaksin booster.

Kepala Bidang Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan mengatakan untuk vaksin booster belum bisa dilaksanakan sekarang karena kita masih menunggu juknas dan juknisnya.

"Kita belum bisa jalan vaksin boosternya sekarang. Karena kita belum dikirimkan juknas dan juknis vaksin tersebut. Kita harus punya juknas dan juknisnya dulu baru bisa menjalankan vaksinnya. Seperti waktu vaksin pertama," kata Didik, Rabu (5/1/2022)

"Biasanya gitu karena ya kalo itu landasannya kan pake itu. Kayak vaksin anak landasannya kan jelas ada suratnya," jelasnya.

Didik menjelaskan Nakes yang sudah di vaksin booster adalah Nakes PNS.

Baca juga: ASN Lampung Selatan Izin Harus Kantongi Suket

"Kalo Nakes sebenarnya nggak 100 persen juga yang sudah di vaksin booster. Karena Nakes itu kan yang tercatat di Kementerian hanya Nakes yang PNS. Tapi yang di vaksin itu kan ada juga teman-teman dari swasta, itu pribadi-pribadi tergantung tempat kerjanya. Tapi rata-rata sudah pada vaksin booster. Jarak vaksin dosis dua ke vaksin booster 3 bulan," katanya.

Didik mengatakan vaksin booster yang dipakai para Nakes adalah vaksin moderna.

Kalo vaksin booster Nakes pakai yang moderna. kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dirasakan ada beberapa yany menyebutkan kayak panas dingin dan lainnya.

Didik mengatakan untuk vaksin booster umum pihaknya masih nunggu surat itu dari pusat.

"Itu belum ada aturannya, masih nunggu jenis vaksinnya apa. Kalo sudah ada suratnya kan disebutin juga vaksin apa yang sudah lolos di bpomnya," katanya.

Baca juga: PTM di Lampung Selatan Masih 50 Persen dan Dibagi 2 Sesi

Didik mengatakan untuk ketersediaan Nakes sudah siap, tinggal nunggu vaksinnnya datang

"Untuk vaksinator vaksin booster Nakes kita sudah siap. Karna kan Nakes kita disatu puskes itu bukan hanya satu tim. Nanti akan dibagi dua tim atau tiga tim. Kalo puskesmas besar kan bisa ada empat tim bisa berbagi. Makanya kan kita diawal-awal tahun ini percepatkan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun Supaya nanti selesai vaksinasi anak usia 6-11 tahun mereka bisa membantu," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved