Advetorial

20 Tahun Berkolaborasi Menuju Masa Depan

Fu Amin selaku Plt Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan mengatakan, pada tahun 2021 hubungan Tiongkok-Indonesia

Ist
Fu Amin selaku Plt Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan mengatakan, pada tahun 2021 hubungan Tiongkok-Indonesia 

Tribunlampung.co.id, - Fu Amin selaku Plt Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan mengatakan, pada tahun 2021 hubungan Tiongkok-Indonesia bergerak maju melawan tren dan membuat kemajuan yang stabil di tengah situasi COVID-19.

Kerja sama lokal adalah lambang hubungan persahabatan Tiongkok-Indonesia.

Pada tahun 2021, wilayah kekonsuleran kami terus memperdalam pertukaran dengan Tiongkok, dan kerja sama ekonomi dan perdagangan, pertukaran humaniora, serta kerja sama pencegahan pandemi terus mencapai pencapaian baru.

Tahun 2022 akan menjadi tahun yang penting bagi kerja sama antara kedua belah pihak. Tiga pasang provinsi dan kota juga akan segera merayakan peringatan ke-20 pembentukan hubungan persahabatan.

Pada Maret 2002, Provinsi Sumatera Utara dan Guangdong menjalin hubungan provinsi bersaudara, pada September 2002, Kota Palembang dan Kota Zhangzhou, Provinsi Fujian menjalin hubungan kota kembar, dan pada Desember 2002, Kota Medan dan Kota Chengdu, Provinsi Sichuan juga menjalin hubungan kota bersaudara.

Selama 20 tahun terakhir, provinsi dan kota terkait telah memelihara semangat dan vitalitas pertukaran kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan dan budaya telah mencapai hasil yang luar biasa.

Komite Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok Provinsi Guangdong dan DPRD Provinsi Sumatera Utara telah sering saling mengirim delegasi untuk melakukan pertukaran kunjungan. Kota Palembang dan Kota Zhangzhou juga sering melakukan kunjungan tingkat tinggi dan pertukaran dalam bidang ekonomi, perdagangan, teknologi, budaya dan olahraga, begitu juga dengan Kota Chengdu dan Kota Medan yang aktif melakukan pertukaran pendidikan dan budaya. Hal ini telah secara efektif mendorong kerjasama pragmatis dan persahabatan antara kedua belah pihak.

Terutama sejak merebaknya COVID-19, Provinsi Guangdong, Kota Chengdu, Kota Nan'an provinsi Fujian, Distrik Jinning Kota Kunming Provinsi Yunnan dan provinsi serta kota lain Tiongkok telah berpartisipasi aktif dalam kerjasama pencegahan pandemi Tiongkok-Indonesia, yang menyumbangkan sejumlah besar materi pencegahan pandemi seperti masker medis dan sarung tangan, hal ini dapat menunjukkan persahabatan tulus kedua belah pihak.

"Kami sangat senang melihat bahwa kerjasama yang bersahabat antara wilayah kekonsuleran dengan provinsi dan kota di Tiongkok menunjukkan momentum yang semakin aktif" kata Fu Amin.

Kota Guangzhou di Provinsi Guangdong dan Kota Jambi menandatangani letter of intent untuk menyimpulkan hubungan kota kembar pada Juli 2021 dan masih banyak provinsi dan kota di Tiongkok berencana untuk memperluas hubungan persahabatan dengan wilayah kekonsuleran.

Pada saat yang bersamaan semakin banyak perusahaan Tiongkok berinvestasi di Sumatera, membangun sejumlah besar infrastruktur seperti pembangkit listrik, tambang, dan jalan tol memberikan dorongan baru ke dalam pembangunan ekonomi dan sosial lokal serta membawa manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Tiongkok dan Indonesia adalah negara besar yang berkembang dan perwakilan dari negara berkembang. Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan strategis kedua kepala negara, hubungan Tiongkok-Indonesia telah menjadi model kerjasama yang saling menguntungkan di antara negara-negara di kawasan dan model bagi negara-negara berkembang untuk memperkuat diri melalui persatuan.

Sejak awal tahun ini, dalam dua kali pembicaraan via telepon bersama Presiden Joko Widodo, Presiden Xi Jinping telah menyatakan bahwa Tiongkok akan berpartisipasi aktif selama proyek yang ada bersifat kondusif bagi pembangunan Indonesia dan kerjasama kedua negara.

Fakta telah membuktikan bahwa dalam perjalanan mencari pembangunan untuk negara dan kebahagiaan bagi rakyat, Tiongkok dan Indonesia memiliki aspirasi yang sama, kepentingan bersama yang luas, potensi kerjasama yang besar dan prospek yang luas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved