Lampung Tengah

Cegah PMK, Pemilik Ternak di Punggur Lamteng Diimbau Bersihkan Kandang Setiap Hari

Petugas Unit Binmas Polsek Punggur imbau kepada para pemilik peternakan di kecamatan setempat untuk rutin membersihkan kandang hewan ternak

Penulis: syamsiralam | Editor: soni
Tribun Lampung/Syamsir alam
Petugas Unit Binmas Polsek Punggur imbau kepada para pemilik peternakan di kecamatan setempat untuk rutin membersihkan kandang hewan ternak 

Tribunlampung.co.id, Lampung Tengah - Petugas Unit Binmas Polsek Punggur imbau kepada para pemilik peternakan di kecamatan setempat untuk rutin membersihkan kandang hewan ternak mereka setiap hari.

Imbauan itu dilakukan jajaran Polsek Punggur di selah kegiatan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan cara pendampingan dan pengawasan langsung ke tempat perternak di Kecamatan Punggur dan Kotagajah, Sabtu (4/6/2022).

Kepala Polsek Punggur Iptu Mualimin mendampingi Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya mengatakan, berdasarkan satuan tugas (Satgas) PMK, kepolisian beserta dinas terkait di Lamteng untuk terus melakukan pencegahan penyakit yang menyerang hewan ternak itu.

"Peninjauan dan pengawasan langsung ini juga perintah langsung Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, kepada Kapolsek jajaran serta para Kasatfung untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terkait penanganan PMK serta berkordinasi dengan Dinas Peternakan, Perkebunan dan Perikanan guna mencegah wabah PMK pada hewan ternak di wilayah hukum Polres Lampung Tengah," kata Iptu Mualimin.

Baca juga: Hindari PMK, Dinas Pertanian Mesuji Anjurkan Semprot Kandang dengan Desinfektan

Baca juga: Polres Lampung Utara Turun Tangan Awasi PMK pada Hewan Ternak Sapi

Selain rutin membersihkan kandang, Satgas PMK juga mengingatkan kepada para pemilik peternakan untuk memberikan vaksinasi dan penyuntikan vitamin pada ternak.

‘’Petugas berkeliling memberikan himbauan secara door to door kepada masyarakat (peternak) untuk memastikan kandang selalu dibersihkan, makanan dan vitaminya pun harus diperhatikan sebagai langkah utaman pencegahan PMK,’’ kata Mualimin.

Apabila ada gejala pada hewan ternaknya yang mengarah pada penyakit mulut dan kuku, Kapolsek juga mengimbau agar segera melaporkan ke perangkat Kampung atau Bhabinkamtibmas untuk penanganan lebih lanjut oleh Dinas Peternakan Lamteng.

Sampai sejauh ini lanjut Mualimin, pihaknya beserta Satgas PMK Lamteng selum menemukan adanya hewan ternak warga di Kecamatan Punggur dan Kotagajah yang terkena penyakit mulut dan kuku.( tribunlampung.co.id / syamsir alam )

Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved