Lampung Selatan

Bupati Nanang Minta Masyarakat Transformasikan Pesan yang Terkandung Dalam Ibadah Kurban

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi di Lapangan Korpri, Pemda Kabupaten Lampung Selatan.

Tribunlampung.co.id/ Dominius Desmantri Barus
Sapi sumbangan dari Pemkab Lampung Selatan untuk kurban. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan Istri Winarni melaksanakan Salat Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi, Pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 Hijriah dilaksanakan lapangan korpri, Pemda Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (10/7/2022). 

Tribunlampung.co.id, Lampung Selatan - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan Istri Winarni melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi di Lapangan Korpri, Pemda Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (10/7/2022).

Hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Pelaksanaan salat Idul Adha digelar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, seperti pelaksanaan salat di ruang terbuka dan tetap menggunakan masker.

Dalam pelaksanaan salat Idul Adha ini, diimami oleh Ustadz Khoirul Ulum Al-Hafidz yang merupakan Imam Besar Masjid Agung Kalianda.

Sementara, bertindak sebagai khatib Syamsul Hidayat Umar, atau yang dikenal dengan Da’i Mamang.

Adapun, perayaan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi ini mengusung tema Meraih Kesempurnaan Iman Melalui Ibadah Qurban.

Sebelum pelaksanaan shalat Idul Adha, Nanang menyampaikan rasa syukur karena masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah, meskipun ditengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan sehingga kita bisa menghadiri sholat id dilingkungan korpri," katanya

"Semoga kita senantiasa bersyukur, yang mana selama 2 tahun kita mengalami masalah besar dengan Covid-19," ujarnya.

"Hari ini kita bisa melaksanakan salat walaupun masih pandemi Covid-19," ucapnya.

Nanang berpesan kepada seluruh jamaah salat Idul Adha agar dapat mentransformasikan pesan keagamaan yang terkandung dalam ibadah kurban kedalam kehidupan sehari-hari.

"Terutama dalam membangun Kabupaten Lampung Selatan," katanya.

"Menurutnya, untuk membangun Kabupaten Lampung Selatan yang maju dan sejahtera dibutuhkan pengorbanan," ujarnya.

Nanang mengatakan, butuh keikhlasan dari seluruh pemangku kepentingan.

"Seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT," ujarnya.

Pemkab Lampung Selatan menyerahkan sebanyak 53 ekor sapi kepada perwakilan panitia penyembelihan hewan kurban Takmir Masjid Agung Kalianda.

Jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha tahun ini sebanyak 53 ekor sapi.

Terdiri dari 36 ekor sapi kurban dari Dinas/instansi dan 17 ekor sapi dari tiap kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Penyerahan hewan kurban tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto usai melaksanakan salat Idul Adha berjamaah, dengan didampingi Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin dan jajaran pejabat Pemkab Lampung Selatan di halaman masjid Agung Kalianda.

Kegiatan penyerahan dan penyembelihan hewan kurban merupakan bentuk kepedulian sosial Pemkab Lampung Selatan terhadap masyarakat Lampung Selatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Ini bukan hanya wujud kepedulian Bupati, tapi kepedulian bersama dari seluruh pejabat yang ada di Lampung Selatan," ujarnya.

Nanang menambahkan, bertepatan dengan moment hari raya Idul Adha yang penuh pengorbanan ini agar dapat menjadi suri tauladan bagi seluruh umat

"Untuk meningkatkan ketakwaan dengan bersedekah dengan gotong-royong hewan qurban," katanya

"Mudah-mudahan dengan gotong-royong ini dapat mendatangkan kebarokahan," ujarnya

"Mohon doanya supaya kami menjalankan roda pemerintahan ini bisa berjalan dengan baik demi kepentingan masyarakat," ucapnya.

Hasil penyembelihan hewan qurban ini nantinya akan disalurkan kepada masyarakat Lampung Selatan.

Memudian agar pengambilan hasil qurban berjalan tertib, panitia qurban Masjid Agung Kalianda sudah mendata dan membagikan sejumlah kupon untuk bisa ditukarkan kembali dengan daging qurban.

(Tribunlampung.co.id/ Dominius Desmantri Barus)



Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved