Berita Lampung

Pipa Kilang Minyak PHE OSES Bocor di Perbatasan Laut Jakarta dan Laut Timur, Lampung Timur

Dampak kebocoran pipa kilang minyak PT Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES cemari pesisir timur Lampung dan rugikan petambak udang Labuhan Maringgai.

Penulis: Yogi Wahyudi | Editor: Tri Yulianto
yogi wahyudi
Kasat Pol Airud Res Lampung Timur, AKP Yus Mawardi jelaskan lokasi kebocoran pipa minyak di perbatasan laut Jakarta dan laut timur, Lampung Timur. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Timur - Pipa kilang minyak milik PT Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES alami kebocoran di perbatasan laut Jakarta dan laut timur, Lampung Timur.

Dampak kebocoran pipa kilang minyak PT Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES, mencemari pantai di pesisir timur Lampung, tepatnya di Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur

Sebab tumpahan minyak dari pipa kilang minyak PT Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES terbawa gelombang laut sampai ke pantai, karena sedang musim angin timur.

Lokasi kebocorannya kilang minyak tersebut, disampaikan Kasat Pol Airud Res Lampung Timur, AKP Yus Mawardi, Rabu (20/7/2022).  

"Untuk lokasi kebocoran kilang minyak, itu diperkirakan di wilayah perbatasan antara laut Jakarta dan laut Timur," ujarnya, saat diwawancarai di ruangannya. 

Baca juga: Enam Titik di Pesisir Pantai Lampung Timur Diduga Tercemar Limbah Minyak  

Baca juga: Pertamina Hulu Energi Bersihkan Sisa Ceceran Minyak di Pantai Kuala Penet, Lampung Timur

Ia juga menyebutkan, beberapa lokasi pantai yang terkena dampak pencemaran limbah minyak.

"Untuk yang terdampak itu, beberapa di antaranya, Pantai Kerang Mas, Pantai Muara Gambas dan Pantai Kuala Penet," sebutnya. 

Namun, sampai saat ini, pihaknya masih mendata, luas wilayah yang terkonfirmasi terdampak ceceran limbah minyak tersebut.

"Untuk luas pantai timur ini, 107 kilometer, tapi untuk yang terdampak, masih kita perkirakan, yang pasti saat ini kondisi pantai sudah bersih," kata AKP Yus Mawardi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, limbah minyak terbawa ke pinggir pantai, lantaran sedang musim angin timur.

"Karena sedang musim angin timur, jadi angin menuju arah pantai kita, maka limbah minyak itu terbawa ombak sampai ke pantai," paparnya. 

Kendati demikian, hasil pantauan Polairud Polres Lampung Timur, kondisi laut saat ini sudah bersih dari limbah minyak. 

Baca juga: Imbas Pencemaran Pantai di Lampung Timur, Petambak Udang Tekor

Baca juga: Pantai Lampung Timur Tercemar Minyak, WALHI Tuntut Pemerintah Tindak Tegas

"Kemarin kita sudah patroli ke tengah laut, kondisinya sudah bersih, dan dari pihak PHE OSES juga sudah melakukan pembersihan kemarin," paparnya. 

Petambak Udang Labuhan Maringgai Berharap Ganti Rugi

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved